Show simple item record

dc.contributor.authorAmin, Indah Rafika
dc.date.accessioned2022-03-09T03:32:02Z
dc.date.available2022-03-09T03:32:02Z
dc.date.issued2021-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3145
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelayanan di Unit Transfusi Darah PMI Kota Malang selama pandemi covid-19 (2) untuk mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan UTD PMI Kota Malang dalam memotivasi masyarakat untuk donor darah (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan kendala UTD PMI Kota Malang dalam memotivasu partisipasi masyarakat untuk pendonoran darah selama pandemi covid-19. Metode penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data yang akan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemenuhan jumlah kebutuhan darah di UTD PMI Kota Malang selama pandemi covid-19 menyediakan pelayanan tambahan untuk mempermudah calon pendonor dalam proses pendonoran darah. Dengan memberikan layanan pendaftaran online dapat memberika kenyamanan calon pendonor darah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, selain itu UTD PMI Kota Malang juga menyediakan tempat cuci tangan, pengecekan suhu, dan pengisian formulir skrining covid-19 untuk mengurangi risiko penularan virus covid-19. Lalu untuk upaya yang dilakukan untuk pemenuhan jumlah kebutuhan darah yaitu UTD PMI Kota Malang melakukan edukasi, kerjasama antar instansi, TNI dsb, aksi jemput bola, serta pemberian hadiah. Adapun fakto pendukung bagi masyarakat yaitu, adanya kesadaran masyarakat, jiwa sosial tinggi, dan karena baik untuk kesehatan tubuh. Faktor pendukung bagi UTD PMI Kota Malang yaitu, adanya fasiltas yang memadai, sumber daya manusia terpenuhi, dan komunikasi yang baik. Lalu adapun kendala yaitu, masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat, merasa takut untuk donor darah, enggan berpartisipasi, jarak rumah yang jauh, serta pendonor tidak memenuhi kriteria. Kata Kunci : pelayanan UTD PMI Kota Malang, Kendala, Upaya UTD PMIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectpelayanan UTD PMI Kota Malangen_US
dc.subjectKendalaen_US
dc.subjectUpaya UTD PMIen_US
dc.titleUpaya Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Malang dalam Memotivasi Partisipasi Masyarakat Untuk Pendonoranen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record