Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri
Abstract
Pandemi Covid-19 yang mulai menyerang Indonesia pada Maret 2020 menyebabkan berhentinya sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini tentunya dapat berdampak bagi berlangsungnya dunia pendidikan di Indonesia karena terhalangnya pertemuan antara guru dengan siswa. Dengan adanya persoalan ini pemerintah memberikan keputusan melalui surat edaran untuk melaksanakan pembelajaran secara daring
Dalam pelaksanaan pembelajaran daringpun terdapat sarana penunjang pembelajaran yakni aplikasi Whatsapp yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika secara daring. SDN Sumberagung1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri adalah salah satu instansi pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran matematika secara daring menggunakan aplikasi Whatsapp salah satunya pada pelajaran matematika.
Berdasarkan konteks penelitian merumuskan fokus penelitian, yaitu (1) Bagaimana penggunaan aplikasi Whatsaap dalam pembelajaran daring mata pelajaran Matematika di SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri? (2) Apa saja faktor penunjang dan penghambat efektivitas penggunaan aplikasi Whatsaap dalam pembelajaran daring mata pelajaran Matematika di SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri.Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan aplikasi Whatsaap dalam pembelajaran daring mata pelajaran Matematika di SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri (2) Mendeskripsikan faktor penunjang dan penghambat efektivitas penggunaan aplikasi Whatsaap dalam pembelajaran daring mata pelajaran Matematika di SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang mana menjadi rujukan untuk pengambilan data dalam penelitian ini. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi, teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan diskusi teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang efektivitas penggunaan aplikasi whatsapp dalam pembelajaran daring pada pelajaran matematika di SDN Sumberagung 1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, sebagai berikut: (1) Penggunaan Aplikasi Whatsaap dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika di SDN Sumberagung 1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri pertama digunakan dalam melaksanakan pembelajaran Matematika secara daring yang memuat kegiatan pembukaan, inti dan penutup. (2)
Faktor Penunjang adalah Keberadaan Ponsel Pintar, Koneksi Internet yang Stabil, Kemampuan Pengoperasian Fitur Whatsapp yang Mudah Dioperasikan dan Dipelajari Seperti Mengirim Gambar, Foto, Video, Link, Voice Note, Video Call, Media Penunjang Pembelajaran Matematika, Kualitas Kejelas Materi dan Minat Siswa pada Pembelajaran Matematika. Sementara faktor pengahambat adalah Koneksi Internet yang Buruk, Spesifiksasi Ponsel yang Kurang, Kurangnya Minat Siswa pada Pembelajaran Matematika, Kurangnya Perhatian Orang Tua.
Kata Kunci : Aplikasi Whatsapp, Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika