Implementasi Program Tahfidzul Qur’an dalam Penguatan Karakter di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Malang
Abstract
Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Malang merupakan pesantren yang hadir memberikan solusi kepada santri yang di dominasi oleh mahasiswa, sehingga dapat menyeimbangkan setiap kegiatan dan kewajiban yang diamanahkan. Pembagian waktu dan kreativitas santri Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Malang dalam mengikuti kegiatan wajib pondok tanpa melalaikan kewajiban yang lain seperti kuliah dan mengajar.
Tujuan dari penelitian ini yakni agar mengetahui Implementasi Program Tahfidzul Qur’an dalam Penguatan Karakter di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Malang serta mengetahui kontribusi pelaksanaa program Tahfidzul Qur’an dalam memperkuat karakter santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Malang.
Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis Studi Kasus pada seluruh santri yang mengikuti Program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Malang yang berjumlah 110 santri. Analisi data dilakukan dengan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yakni Pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Malang memiliki dua program yang terstrukrur dan tidak terstruktur, adapun program terstruktur yakni setoran ba’da subuh dan ba’da isya’, Sima’an 3 Juz Bin-Nadzar, Sima’an Kubro 5 Juz Bil-Ghaib, Khataman Al-Qur’an. Adapun program tidak terstruktur yakni hafalan mandiri dan muraja’ah mandiri. Kontribusi pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an dalam memperkuat karakter terletak pada perubahan karakter santri dalam kehidupan sehari-hari, serta berdampak pada pengaplikasiannya dalam hal tersebut sehingga dapat menimbulkan sikap religius, disiplin, dan tanggung jawab.
Kata Kunci: Program Tahfidzul Qur’an, Penguatan Karakter