Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan, Lamanya Usaha Terhadap Penerapan Sak Etap dalam Pencatatan Akuntansi UMKM di Desa Palrejo Kabupaten Jombang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan, Lamanya Usaha Terhadap Penerapan SAK ETAP Dalam Pencatatan Akuntansi UMKM Di Desa Palrejo Kabupaten Jombang. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling diperoleh sebanyak 100 responden berdasarkan kriteria yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Pemahaman Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan dan Lamanya Usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Penerapan SAK ETAP. Secara persial Pemahaman Akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap Penerapan SAK ETAP Dalam Pencatatan Akuntansi UMKM Di Desa Palrejo Kabupaten Jombang. Pemahaman Akuntansi. Latar Belakang Pendidikan berpengaruh Positif signifikan terhadap Penerapa SAK ETAP dalam Pencatatan Akuntansi UMKM Di Desa Palrejo Kabupaten Jombang. Sedangkan Lamanya Usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap Penerapa SAK ETAP dalam Pencatatan Akuntansi UMKM Di Desa Palrejo Kabupaten Jombang.
Kata Kunci: Pemahaman Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan, Lamanya Usaha, Penerapan SAK ETAP.