Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Islamiyah Pucangtelu Lamongan

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Ma’rufah, Zayyin Kholishotul
dc.date.accessioned 2022-03-24T01:37:13Z
dc.date.available 2022-03-24T01:37:13Z
dc.date.issued 2021-12-29
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3321
dc.description.abstract Guru sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan Pendidikan, dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki seperangkat ilmu tentang bagaimana ia harus mendidik anak. Guru bukan hanya sekedar terampil dalam menyampaikan materi ajar, namun ia juga harus mampu mengembangkan pribadi anak, mengembangkan watak anak, dan mengembangkan serta mempertajam nurani anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Pucangtelu Lamongan. Mengetahui kendala yang dihadapi guru dan solusi yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Pucangtelu Lamongan, medeskripsikan tentang Upaya guru dalam meningkatkan motivasibelajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Pucangtelu Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, untuk pengumpulan data peneliti melakukan dengan mengadakan observarsi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah Guru yang mengajar di kelas 2, 3, 4 dan Guru yang mempunyai jabatan Waka kesiswaan. Sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dan Penelitian ini adalah 1.) Terdapat Upaya yang dilakukan Guru antara lain, menggunakan sistem hadiah dan hukuman, guru menggunakan varian metode mengajar yang menarik, menggunakan penilaian dengan angka, meberikan pujian. 2.) Terdapat kendala yaitu kurangnya motivasi belajar contohnya siswa kertika belajar siswa kurang bisa fokus, mengantuk, ramai saat di ajar dan belum siap untuk proses pembelajaran. 3.) Upaya guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara saat proses pembelajaran guru harus menggunakan model yang menarik siswa untuk aktif dalam proses belajar, guru mampu menguasai materi pembelajaran, guru juga harus bisa mengkondisikan siswa saat pembelajaran. Kata Kunci : Upaya Guru, Motivasi, Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.title Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Islamiyah Pucangtelu Lamongan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account