Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Islamiyah Pucangtelu Lamongan
Abstract
Guru sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan Pendidikan, dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki seperangkat ilmu tentang bagaimana ia harus mendidik anak. Guru bukan hanya sekedar terampil dalam menyampaikan materi ajar, namun ia juga harus mampu mengembangkan pribadi anak, mengembangkan watak anak, dan mengembangkan serta mempertajam nurani anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Pucangtelu Lamongan. Mengetahui kendala yang dihadapi guru dan solusi yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Pucangtelu Lamongan, medeskripsikan tentang Upaya guru dalam meningkatkan motivasibelajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Pucangtelu Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, untuk pengumpulan data peneliti melakukan dengan mengadakan observarsi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah Guru yang mengajar di kelas 2, 3, 4 dan Guru yang mempunyai jabatan Waka kesiswaan. Sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil dan Penelitian ini adalah 1.) Terdapat Upaya yang dilakukan Guru antara lain, menggunakan sistem hadiah dan hukuman, guru menggunakan varian metode mengajar yang menarik, menggunakan penilaian dengan angka, meberikan pujian. 2.) Terdapat kendala yaitu kurangnya motivasi belajar contohnya siswa kertika belajar siswa kurang bisa fokus, mengantuk, ramai saat di ajar dan belum siap untuk proses pembelajaran. 3.) Upaya guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara saat proses pembelajaran guru harus menggunakan model yang menarik siswa untuk aktif dalam proses belajar, guru mampu menguasai materi pembelajaran, guru juga harus bisa mengkondisikan siswa saat pembelajaran.
Kata Kunci : Upaya Guru, Motivasi, Belajar