Show simple item record

dc.contributor.authorSholihah, Mar’atush
dc.date.accessioned2022-03-24T01:40:09Z
dc.date.available2022-03-24T01:40:09Z
dc.date.issued2022-01-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3322
dc.description.abstractPada masa pandemi covid-19, semua proses pembelajaran dilakukan dari rumah. Guru dan siswa masih belum terbiasa dengan proses pembelajaran seperti ini. Sehingga hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa menurun. Tujuan dalam penelitian ini ada tiga hal, yaitu: (1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 MI Roudlotut Tholibin, (2) untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemic covid-19 MI Roudlotut Tholibin. Jenis penelitian skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penilitian studi kasus. Sumber data penelitian meliputi sumber primer yaitu dengan mewawancarai kepala madrasah, guru dan siswa MI Roudlotut Tholibin. Kemudian sumber sekunder yaitu dengan mengumpulkan dokumen sebagai penguat wawancara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam dan melalui dokumen. Data yang telah terhimpun selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data. Kemudian penyajian data dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Sedangkan teknik keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MI Roudlotut Tholibin mengalami penurunan, terlihat dari kurangnya minat siswa terhadap belajar, (2) strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemic covid-19 MI Roudlotut Tholibin dengan menggunakan beberapa metode mengajar, seperti: metode daring, metode luring, metode home visit dan metode penugasan atau praktik, (3) faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi, adalah: a) faktor eksternal, yaitu: guru, orang tua, handphone, dan kuota, b) faktor internal, yaitu: berasal dari dalam diri siswa yang berupa dorongan atau semangat dalam mencapai cita-cita yang diinginkan, dan 4) faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemic, adalah a) faktor eksternal seperti sinyal, handphone, dan orang tua yang kurang paham dengan gadget, b) faktor internal seperti siswa malas belajar karena tidak ada dorongan dalam diri siswa dan memilih bermain. Kata kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pandemi Covid-19en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titleStrategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 MI Roudlotut Tholibin Dau Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record