Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Babul Futuh Pandaan
Abstract
Kenakalan siswa perlu mendapat perhatian yang serius dari semua pihak. Kenakalan yang terjadi pada masa remaja ini merupakan permasalahan yang kompleks dan disebabkan oleh berbagai faktor serta membuat para orang tua menjadi resah dan bingung melihat fenomena kenakalan siswa. Hal tersebut yang melatarbelakangi Madrasah Tsanawiyah Babul Futuh untuk senantiasa mengatasi kenakalan siswa dengan berbagai upaya yang telah dilakukan terutama bagi guru pendidikan agama islam. Guru pendidikan agama islam diharapkan mampu mengatasi kenakalan siswa.
Dari uraian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bentuk-bentuk kenakalan siswa yang sering terjadi di Madrasah Tsanawiyah Babul Futuh Pandaan serta bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa dan faktor-faktor apa yang dapat mendukung dan menghambat dalam mengatasi kenakalan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bentuk-bentuk kenakalan siswa yang terjadi dan mengetahui upaya apa yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa serta mengetahui faktor- faktor apa yang dapat mendukung dan menghambat dalam mengatasi kenakalan siswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif pada bulan maret – april 2021. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang merupakan penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, peneliti juga menggunakan metode wawancara yang merupakan metode tanya jawab dengan narasumber dan metode dokumentasi yakni berupa catatan atau file berbentuk teks tertulis,
Dari hasil temuan penelitian bahwasanya bentuk kenakalan siswa yang masih sering terjadi yakni seperti terlambat, tidak mengerjakan PR, tidak menggunakan atribut sekolah lengkap, tidur di kelas, membolos, keluar sekolah tanpa izin, merokok dan menggunakan cat rambut. Upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam yakni memberikan nasihat berkala ketika proses pembelajaran berlangsung serta memberikan motivasi kepada siswa. Tidak hanya itu, guru juga melakukan pendekatan secara personal terhadap siswa yang melakukan kenakalan. Adapun guru melakukan upaya dengan cara home visit yakni
mengunjungi rumah siswa apabila siswa tersebut melanggar peraturan yang ada disekolah seperti tidak kembali ke pesantren seusai liburan sekolah,
Faktor-faktor yang mendukung upaya-upaya diatas yakni faktor lingkungan dimana Madrasah Tsanawiyah Babul Futuh Pandaan berada dalam naungan pondok pesantren, peran dari berbagai pihak, sedangkan faktor penghambat yakni faktor internal, serta kurangnya sarana prasarana pesantren.
Hal yang perlu di perhatikan sebagai saran yakni hendaknya guru lebih disiplin dalam meningkatkan pengawasan terhadap siswa guna untuk meminimalisir kenakalan siswa yang berkelanjutan Upaya mengatasi kenakalan siswa hendaknya guru melakukan evaluasi terhadap upaya-upaya yang sudah dilakukan serta pengembangan upaya lain. serta untuk faktor penghambat dalam mengatasi kenakalan siswa hendaknya pihak pesantren lebih memperhatikan kondisi sarana dan prasarana pesantren. Dan juga perlunya menjalin hubungan yang baik dengan wali murid.
Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan siswa