Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan
Abstract
Globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakanpendidikan karakter bangsa. Padahal, pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Oleh karena itu, salah satu yang diterapkan adalah pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan sebagaimana di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan guru telah menstrategi pembentukan karakter religius untuk meningkatkan kepribadian siswa dan meningkatkan religius siswa melalui kegiatan keagamaan.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan focus penelitia, yaitu tentang (1) Bagaimana strategi pembentukan karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan? (2) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui strategi pembentukan karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. (2) Untuk mengetahui implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka bidang keagamaan, wali kelas dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, mamaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka hasil yang didapatkan adalah bahwa strategi pembentukan karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan diterapkan melalui kegiatan keagamaan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah seperti kepala sekolah, guru dan karyawan. Cara yang digunakan adalah melalui pembentukan kebiasaan, dengan membiasakan siswa untuk melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin hingga pada akhirnya akan terbentuk karakter religius pada siswa serta akan menjadi bekal bagi siswa nantinya untuk diterapkan dilingkungannya ketika mereka sudah keluar dari lingkungan sekolah. Adapaun implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan yaitu dengan kebiasaan atau kegiatan rutin dan kegiatan isidental. Dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan adalah membaca do’a sebelum mengawali pembelajaran, shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, menghafal juz amma, kegiatan hari besar Islam dan Istighosah bersama. Dalam melaksanakan kegiatan keagamaan dapat terbentuk karakter religius antara lain yaitu, Islam, taqwa, tawakal, sopan santun, peduli sosial, rasa hormat, amanah, disiplin, iman, tanggung jawab, kerja keras dan silaturrahim. Adapun faktor yang mendukung dalam kegiatan keagamaan yaitu guru yang menunjang dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan, adanya respon baik siswa, adanya kerja sama seluruh komponen sekolah, adanya sarana dan prasarana yang menunjang. Sedangkan faktor yang menghambat dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan yaitu kurangnya kesadaran diri dari siswa dalam melaksanakan kegiatan keagaman, sebagian siswa kurang dalam kedisiplinan, dan latar belakang siswa.
Kata Kunci : Pembentukan Karakter, Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan