View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Metode Bercerita dalam Bidang Perkembangan Sosial Emosional Anak di Ra Muslimat NU 15 Malang

Thumbnail
View/Open
S1_FAI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI_21701014006_NURUL IZZA HUSAIN.pdf (2.341Mb)
Date
2021-12-30
Author
Husain, Nurul Izza
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada kehidupan manusia. Menurut UU No. 20 tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Raudatul Athfal merupakan salah satu jenjang pendidikan anak usia dini usia 4-6 tahun yang diakui dan disetarakan dengan pendidikan taman kanak-kanak. Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) merupakan periode yang sangat penting dan perlu mendapat penanganan sedini mungkin agar kemampuan anak berkembang secara optimal berdasarkan aspek-aspek perkembangan anak. Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mewujudkan perkembangan kemampuan anak. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di RA Muslimat Nu 15 Sukun Malang peneliti menemukan bahwa, perkembangan sosial emosional anak masih perlu ditingkatkan lagi. Ada beberapa anak yang belum mampu dalam berinteraksi dengan lingkungan, mengendalikan emosi, dan membantu sesama teman. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode bercerita perkembangan sosial emosional anak di Ra Muslimat NU 15 malang. Penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti ditempatkan sebagai instrumen utama dalam proses pengumpulan data penelitian. Peneliti dikatakan instrumen utama karena dalam mengadakan penelitian, peneliti sendiri yang terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengumpulan data, bukan melalui alat bantu seperti angket atau kuesioner. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu penulis melakukan serangkaian kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi ke lokasi penelitian yaitu Raudlotul Atfal (RA) Muslimat. Perkembangan sosial emosional anak berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa kelas B3 secara keseluruhan anak masih pada tahap mulai berkembang (MB) yaitu dengan nilai total 782 atau 48,875. Keseluruhan anak dikelas B3 sebanyak 16, anak dengan kriteria Berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 0 dengan persentase 0%, selanjutnya anak dengan kriteria Berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 4 dengan persentase 25% , dan anak dengan kriteria mulai berkembang (MB) berjumlah 12 dengan persentase 75%, dan anak dengan kriteria belum berkembang (BB) berjumlah 0 dengan persentase 0%. Kata Kunci : Metode Bercerita, Perkembangan Sosial Emosional Anak
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3396
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group