Show simple item record

dc.contributor.authorAisida, Sufinatin
dc.date.accessioned2022-03-28T03:34:36Z
dc.date.available2022-03-28T03:34:36Z
dc.date.issued2021-11-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3440
dc.description.abstractTujuan disertasi ini adalah untuk 1) mengetahui komponen pembelajaran yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik, 2) memahami proses pembelajaran agama Islam yang didasarkan pada nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik, 3) menemukan model pembelajaran pendidikan agama Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Sumber data dipilih dengan snowball sampling. Teknik analisis data menggacu pada model Milles dan Huberman, yakni melalui: Reduksi data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) temuan komponen pembelajaran yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo guru dan peserta didik yang multicultural baik agama maupun kecakapan, tujuan pembelajaran bersumber dari kurikulum sekolah maupun visi dan misi sekolah yang bermuatan multicultural, materi pembelajaran bermuatan multicultural dengan subsidi buku Bos dari pemerintah dan LKS metode tanya jawab dan diskusi yang dapat menjalin kedekatan dengan peserta didik, lingkungan fisik dan psikis yang dapat mengakomodir keragaman peserta didik sehingga lingkungan fisik dan psikis merupakn tempat yang nyaman bagi peserta didik dalam belajar dan di SMA NU 1 Gresik ditemukan para native speaker dengan keragaman agama, etnis, negara dan budaya yang dimiliki namun dapat hidup secara harmonis, tujuan pembelajaran bersumber dari kurikulum sekolah maupun visi dan misi sekolah yang bermuatan multicultural, materi pembelajaran bermuatan multicultural dengan subsidi buku Bos dari pemerintah dan metode tanya jawab dan diskusi, lingkungan fisik dan psikis yang dapat mengakomodir keragaman peserta didik sehingga lingkungan fisik dan psikis merupakn tempat yang nyaman bagi peserta didik dalam belajar dalam lingkungan SMA NU 1 Gresik 2) proses pembelajaran dilakukan melalui dua cara pembelajaran yaitu menghargai dan mengakomodasi keragaman kultur berupa pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan pembelajaran nilai dalam budaya sekolah dan berprestasi, 3) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik, yaitu model Holistik-Integratif. Yaitu mengintegrasikan seluruh komponen pembelajaran dengan perinsip pada nilai-nilai multikultural dengan adanya sikap menghargai dan mengakomodir keragaman kultur baik dari pendidik, peserta didik, tujuan, strategi/metode, media serta lingkungan sekolah baik fiksik maupun psikis dan penilaian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titlePembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural Di Sekolah Menengah Atas Antartika Sidoarjo Dan Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama 1 Gresik Jawa Timuren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record