View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural Di Sekolah Menengah Atas Antartika Sidoarjo Dan Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama 1 Gresik Jawa Timur

Thumbnail
View/Open
S3_PAI MULTIKULTURAL_21403011007_SUFINATIN AISIDA.pdf (2.578Mb)
Date
2021-11-24
Author
Aisida, Sufinatin
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan disertasi ini adalah untuk 1) mengetahui komponen pembelajaran yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik, 2) memahami proses pembelajaran agama Islam yang didasarkan pada nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik, 3) menemukan model pembelajaran pendidikan agama Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Sumber data dipilih dengan snowball sampling. Teknik analisis data menggacu pada model Milles dan Huberman, yakni melalui: Reduksi data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) temuan komponen pembelajaran yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo guru dan peserta didik yang multicultural baik agama maupun kecakapan, tujuan pembelajaran bersumber dari kurikulum sekolah maupun visi dan misi sekolah yang bermuatan multicultural, materi pembelajaran bermuatan multicultural dengan subsidi buku Bos dari pemerintah dan LKS metode tanya jawab dan diskusi yang dapat menjalin kedekatan dengan peserta didik, lingkungan fisik dan psikis yang dapat mengakomodir keragaman peserta didik sehingga lingkungan fisik dan psikis merupakn tempat yang nyaman bagi peserta didik dalam belajar dan di SMA NU 1 Gresik ditemukan para native speaker dengan keragaman agama, etnis, negara dan budaya yang dimiliki namun dapat hidup secara harmonis, tujuan pembelajaran bersumber dari kurikulum sekolah maupun visi dan misi sekolah yang bermuatan multicultural, materi pembelajaran bermuatan multicultural dengan subsidi buku Bos dari pemerintah dan metode tanya jawab dan diskusi, lingkungan fisik dan psikis yang dapat mengakomodir keragaman peserta didik sehingga lingkungan fisik dan psikis merupakn tempat yang nyaman bagi peserta didik dalam belajar dalam lingkungan SMA NU 1 Gresik 2) proses pembelajaran dilakukan melalui dua cara pembelajaran yaitu menghargai dan mengakomodasi keragaman kultur berupa pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan pembelajaran nilai dalam budaya sekolah dan berprestasi, 3) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik, yaitu model Holistik-Integratif. Yaitu mengintegrasikan seluruh komponen pembelajaran dengan perinsip pada nilai-nilai multikultural dengan adanya sikap menghargai dan mengakomodir keragaman kultur baik dari pendidik, peserta didik, tujuan, strategi/metode, media serta lingkungan sekolah baik fiksik maupun psikis dan penilaian.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3440
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group