Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar fiqih di MTs Al-Qudsiyah Klotok-Plumpang-Tuban
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Fiqih di kelas VII A MTs Al-Qudsiyah Klotok-Plumpang-Tuban yang mana hasil belajar siswa masih rendah. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model picture and picture dalam pembelajaran Fiqih, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskrispikan dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran Fiqih tema “Menggapai kemuliaan sholat Jum’at” pokok bahasan “Tata cara sholat Jum’atdan khutbah Jum’at” di kelas VII A MTs Al-Qudsiyah Klotok-Plumpang-Tuban. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian tindakaan kelas (Class Action Research). Proses pelaksanaan meliputi (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap observasi dan (4) tahap refleksi. Sasaran dalam penelitisan ini adalah siswa kelas VII A MTs Al-Qudsiyah Klotok-Plumpang-Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan lembar observasi peneliti dan lembar observasi siswa. Pengecekan keabsahan data yang digunakan triangulasi peneliti dan triaangulasi waktu. Indikator keberhasilan belajar disini, jika siswa mencapai nilai 70% dari tujuan yang harus dicapai yaitu nilai KKM 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan tema “Menggapai kemuliaan sholat Jum’at dan khutbah Jum’at”. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II yang mencapai 94%, semula prosentase ketuntasan belajar saat pre test sebelum diterapkannya hasil belajar yaitu 48%. Hasil belajar siswa pada ranah afektif juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada hasil observasi siswa, prosentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 71% mengalami peningkatan pada prosentase aktivitas siswa siklus II yang mencapai 91%. Hasil belajar ranah psikomotorik juga meningkat, hal ini dapat dilihat pada hasil prosentase ketuntasan belajar kelompok siswa pada siklus II sebesar 82%, sedangkan prosentase ketuntasan kelompok siswa pada siklus I yaitu 45%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII A MTs Al- Qudsiyah Klotok-Plumpang-Tuban. Kata Kunci : Picture and Picture, Hasil Belajar, Penerapan, Fiqih