Upaya Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanwiyah Ma’arif Nu Sunan Ampel Jatirejo Mojokerto
Abstract
Guru mempunyai pengaruh yang besar bukan hanya prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anaka disekolahan dan terhadap kebiasaan belajar pada umumnya. Karena dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki atau dikuasai siswa setelah menempuh proses belajar mengajar adalah kemampuan intelektual (kognitif), sikap (afektif) dan kemampuan bertindak (psikomotorik). Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa sehingga dapat mendukung tingkat prestasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus masalah yang diambil dalam peneliti ini adalah : 1) Bagaimana pembelajaran pendidikan agama islam di madrasah tsanawiyah ma’arif nu mojokerto, 2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru pai dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah ma’arif nu mojokerto, 3) Faktor pendukung dan penghambat Prestasi belajar siswa dalam pelaksanaan upaya peningkatan prestasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah ma’arif nu mojokerto
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci dan mendalam pada kasus yang terjadi di Mts Ma’arif Nu Sunan Ampel Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data di gunakan reflektifthingking dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, trianggulasi dan ketekunan pengamat.
Adapun upaya guru agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Mts Ma’arif Nu Sunan Ampel Mojokerto menunjukan bahwa: 1) Menggunakan metode mengajar yang bervariasi, 2) Menggunakan media, 3) Pemberian nilai, 4) Pemberian tugas, 5) Pemberian pujian, 6) Pemberian hukuman. Adapun faktor pendukungnya: 1) Mengambil nilai kedisiplinan, 2) Pretes, 3) Ulangan harian, 4) Ujian praktek. Adapun faktor penghambatnya: 1) Aplikasi penggunaan media saat pandemic, 2) Kurangnya minat siswa, 3) Pengaruh teman, lingkungan, dan keluarga, 4) Minimnya sinyal saat pembelajaran.
Kata Kunci: Upaya Guru Agama, Meningkatkan Prestasi Belajar