Peran Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Tadarus Al-Qur’an di SMAI NU Pujon

Show simple item record

dc.contributor.author Pangestu, Anggita Wilda
dc.date.accessioned 2022-03-29T07:32:13Z
dc.date.available 2022-03-29T07:32:13Z
dc.date.issued 2021-07-02
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3497
dc.description.abstract Program tadarus al-Qur’an merupakan kegiatan rutin dengan tujuan memperbaiki bacaan dan menghafal al-Qur’an. Program atau kegiatan yang dilaksanakan secara teratur juga akan berpengaruh terhadap kedisiplinan. Disiplin dapat membuat sesorang memiliki perasaan taat dan patuh terhadap nilai yang diyakini sehingga lebih bertanggung jawab untuk dapat mengatur tatanan kehidupan pribadi dan kelompok. Disinilah peran seorang guru dalam mendisiplinkan melalui jalan pendidikan merupakan tugas dari setiap lembaga pendidikan. Dengan begitu para siswa akan memiliki sifat disiplin yang tinggi dalam kegiatan setiap harinya. Pendidikan kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswanya tercermin dalam kegiatan pembiasaan yang didukung dengan keahlian dan kedalaman ilmu, kharisma dan wibawa guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan kegiatan tadarus al-Qur’an di SMAI NU Pujon; (2) mengetahui peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan tadarus al-Qur’an di SMAI NU Pujon; dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan tadarus alQur’an dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAI NU Pujon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Objek dalam penelitian ini yaitu pembentukan karakter disiplin dalam program tadarus al-Qur’an, Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa SMAI NU Pujon. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tadarus al-Qur’an merupakan salah satu cara dalam proses pendidikan karakter disiplin siswa. Tadarus al- Qur’an dilaksanakan setiap hari pukul 06.45 – 07.00 WIB oleh seluruh siswa SMAI NU Pujon. Dampak positif yang diharapkan dari tadarus al-Qur’an, diantaranya: Meningkatkan ketakwaan siswa, membantu siswa dalam melancarkan dan melafalkan bacaan al-Qur’an, agar siswa menjadi terbiasa membaca al-Qur’an, serta meningkatkan kedisiplinan siswa. Kata Kunci : Program Tadarus Al-Qur’an, Disiplin en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Program Tadarus Al-Qur’an en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.title Peran Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Tadarus Al-Qur’an di SMAI NU Pujon en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account