Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Nurcholisa Dwi
dc.date.accessioned2022-03-30T04:15:10Z
dc.date.available2022-03-30T04:15:10Z
dc.date.issued2022-01-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3530
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sarana prasarana penunjang dalam objek wisata yang masih kurang, kurangnya pengunjung destinasi pariwisata yang berkunjung, promosi pariwisata yang masih kurang. Serta adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu mengetahui strategi yang digunakan pemerintah desa Mronjo dalam mengembangkan desa wisata Mronjo, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pemerintah desa Mronjo dalam mengembangkan desa wisata Mronjo. Adapun pendekatan penelitian yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dimana data deskriptif kualitatif metode ini menggambarkan objek sesuai dengan keadaan yang ada dilapangan. Fokus penelitian strategi pengembangan, faktor pendukung, dan faktor penghambat. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumen lalu dianalisis menggunkan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dalam penulisan ini, Sektor pariwisata memberikan multiplier effect dan nilai manfaat yang besar bagi masyarakat seperti menciptakan lapangan pekerjaan baru, menurunkan angka pengangguran, dan meningkatkan perekonomian negara maupun daerah. akan tetapi dengan adanya pandemi seperti ini menyebabkan sektor pariwisata menurun sehingga pemerintah harus lebih cermat lagi dalam meningkatkan wisatawan. Strategi pengembangan menurut Cawley and Gillmor (2008), dalam Ridwan (2020:11) yaitu dengan melihat potensi alam, menetapkan aturan pendirian pariwisata bersdasarkan Perdes No 3 Tahun 2018 Tentang Pembentukan dan Pengelolaan BUMDesa, mendorong mainset masyarakat untuk menjadi desa wisata, rencana pendanaan dalam pembangunan sarana prasarana yang dilakukan secara bertahap, menambah objek destinasi wisata tambahan berupa perahu bebek, promosi dilakukan melalui akses sosial media berupa Instagram dan Facebook. Pendukung dan penghambat pengembangan berdasarkan letak geografis, sumber daya alam dan sumber daya manusia, keunikan objek destinasi wisata, dan sarana prasarana. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Objek Wisata Desa Mronjoen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectPengembangan Objek Wisata Desa Mronjoen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Desa Wisata Mronjo Oleh Pemerintah Desa Mronjo Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitaren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record