Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Roudlotul Jannah Borojabung Malang
Abstract
Sekolah berperan sebagai lembaga pendidikan yang memiliki sistem komplek dan dinamis, dimana pemerintah meluncurkan kebijakan otonomi pendidikan yang kita ketahui adalah MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) yaitu sebagai wujud partisipasi dari masyarakat untuk dunia pendidikan. Salah satu contoh lembaga pendidikan yang menerapkan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) adalah MI Roudlotul Jannah Borojabung di desa Jabung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, Implementasi dan hasil Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Roudlotul Jannah Borojabung Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengecek dan memeriksa data dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada peneliti menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MI Roudlotul Jannah Borojabung Malang yang dilihat pada 3 standar nasional pendidikan dapat dikatakan cukup berhasil, ke tiga standar tadi dapat terlaksana lebih baik dan lebih optimal berkat diterapkannya MBS, yang mana hal ini turut menghasilkan peningkatan prestasi baik dari peserta didik, guru, dan juga sekolah serta tujuan pendidikan sekolah dapat dicapai. Walaupun ada beberapa aspek yang perlu dibenahi kembali, seperti pembagian mata pelajaran yang harus diajarkan oleh guru sebaiknya satu guru mengajar 1 mata pelajaran agar dapat dilaksanakan dengan optimal.
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan, Penelitian Kualitatif