Implementasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di MI Sabilul Muttaqin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
pembelajaran daring di Mi Sabilul Muttaqin, untuk mengetahui faktor pendukung
implementasi pembelajaran daring di Mi Sabilul Muttaqin dan untuk mengetahui faktor
penghambat implementasi pembelajaran daring di Mi Sabilul Muttaqin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi case.
Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa. Analisa data dilakukan
melalui reduksi data, display data, kategorisasi dan kesimpulan data. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi
metode, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber.
Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran daring di sekolah MI
Sabilul Muttaqin berdasarkan data menjelaskan bahwa semua guru kelas menggunakan
aplikasi WhatsApp. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran
daring yaitu, masih banyak siswa maupun orangtua yang tidak memiliki alat
komunikasi (smartphone) yang memadai dan jangkauan sinyal yang terbatas. Solusi
dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan guru mendatangi rumah siswa untuk
memberikan semangat, mendengarkan keluhan siswa, mengajari siswa yang tidak
dapat bimbingan dari orang tua terkait penggunaan teknologi daring. Untuk siswa yang
tidak memiliki WA bisa menggunakan WA orangtuanya dan mengganti paket internet
bagi yang sinyalnya lemah dengan bantuan dana BOS.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, MI