Show simple item record

dc.contributor.authorMuzaqi, Muhammad Yazid
dc.date.accessioned2022-04-11T06:30:19Z
dc.date.available2022-04-11T06:30:19Z
dc.date.issued2021-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3586
dc.description.abstractCovid-19 atau yang lebih familiar sebagai virus corona merupakan penyebab utama terjadinya pandemi global pada saat ini. Hal tersebut sangat mempengaruhi berbagai aspek, sehingga menjadi tuntutan bagi seluruh elemen masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan gaya hidup serta polah hidup yang baru, tuntutan tersebut juga sangat berpengaruh pada aspek pendidikan, karena dengan gaya hidup dan pola hidup yang baru, aspek pendidikan pun juga akan memiliki wajah dan tampilan baru pula. Tak terkecuali pada lembaga lembang pendidikan non formal seperti pondok pesantren. Nurul Huda adalah salah satu dari sekian banyak pondok pesantren yang merasakan terjadinya pandemi dan harus bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada agar proses pendidikannya bisa terus berjalan dan dapat menyesuaikan dengan tuntutan yang ada. Sehinga akan memicu terjadinya perkembangan dan innovasi inovasi baru yang belum pernah dilakukan sebelum terjadinya pandemi seperti sekarang ini. Sedangkan tujuan dari dilangsungkannya penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan priodesasi pendidikan sebelum pandemi covid-19 di pondok pesantren Nurul Huda Singosari (2) Mendeskripsikan kondisi pendidikan di pondok pesantren Nurul Huda Singosari pada masa pandemi covid-19 (3) Mendeskripsikan hambatan proses pendidikan selama pandemi covid-19 di pondok pesantren Nurul Huda Singosari. Berasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Perkembangan Pendidikan keagamaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari, sebagai berikut: (1) Priodesasi Pendidikan Sebelum Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari dapat diketahui bahwa beberapa metode yang diterapkan sebelum terjadinya pandemi covid-19 diantaranya adalah metode ceramah dan diskusi (2) Kondisi Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari Pada Masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan adanya pemadatan atau pengurangan jam pembelajaran sesuai kebutuhan dan keadaan, namun ada bebrapa upaya dan poin penting yang di lakanakan dipondok pesantren Nurul Huda Singosari diantaranya adalah : 1). Pengambilan langkah-langkah dan kebijakan dalam penanggulagan penyebaran virus covid-19 2). Pengupayaan untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan para santri dalam penjalankan proses pembelajarannya meski dalam keadaan pandemi 3). Pemberlakuan berbagai kebijakan demi menjaga kualitas pendidikan keagamaan yang ada 4). Pembuatan langkah langkah dalam pemdidikan agar kualitas yang dimiliki semakin meningkat (3) Hambatan Proses Pendidikan Selama Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari meliputi bebagai hal seperti adaptasi dalam kebijakan baru yang memakan waktu cukup lama, kenakalan para santri yang menimbulkan kurangnya kesadaran diri mereka terhadap covid terbilang rendah, kurang nya fasilitas guna pendukung pembelajaran online yang di terapkan oleh pihak sekolah formal. Kata Kunci: Perkembangan, Pendidikan, Pandemi Covid-19en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPerkembanganen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titlePerkembangan Pendidikan keagamaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Huda Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record