Perkembangan Pendidikan keagamaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Huda Singosari
Abstract
Covid-19 atau yang lebih familiar sebagai virus corona merupakan penyebab utama
terjadinya pandemi global pada saat ini. Hal tersebut sangat mempengaruhi berbagai aspek,
sehingga menjadi tuntutan bagi seluruh elemen masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dan
beradaptasi dengan gaya hidup serta polah hidup yang baru, tuntutan tersebut juga sangat
berpengaruh pada aspek pendidikan, karena dengan gaya hidup dan pola hidup yang baru, aspek
pendidikan pun juga akan memiliki wajah dan tampilan baru pula. Tak terkecuali pada lembaga
lembang pendidikan non formal seperti pondok pesantren. Nurul Huda adalah salah satu dari
sekian banyak pondok pesantren yang merasakan terjadinya pandemi dan harus bisa beradaptasi
dengan keadaan yang ada agar proses pendidikannya bisa terus berjalan dan dapat menyesuaikan
dengan tuntutan yang ada. Sehinga akan memicu terjadinya perkembangan dan innovasi inovasi
baru yang belum pernah dilakukan sebelum terjadinya pandemi seperti sekarang ini.
Sedangkan tujuan dari dilangsungkannya penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan
priodesasi pendidikan sebelum pandemi covid-19 di pondok pesantren Nurul Huda Singosari (2)
Mendeskripsikan kondisi pendidikan di pondok pesantren Nurul Huda Singosari pada masa
pandemi covid-19 (3) Mendeskripsikan hambatan proses pendidikan selama pandemi covid-19 di
pondok pesantren Nurul Huda Singosari.
Berasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil
kesimpulan tentang Perkembangan Pendidikan keagamaan pada Masa Pandemi Covid-19 di
Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari, sebagai berikut: (1) Priodesasi Pendidikan Sebelum
Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari dapat diketahui bahwa beberapa
metode yang diterapkan sebelum terjadinya pandemi covid-19 diantaranya adalah metode ceramah
dan diskusi (2) Kondisi Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari Pada Masa
Pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan adanya pemadatan atau pengurangan jam pembelajaran
sesuai kebutuhan dan keadaan, namun ada bebrapa upaya dan poin penting yang di lakanakan
dipondok pesantren Nurul Huda Singosari diantaranya adalah : 1). Pengambilan langkah-langkah
dan kebijakan dalam penanggulagan penyebaran virus covid-19 2). Pengupayaan untuk tetap
menjaga keamanan dan kenyamanan para santri dalam penjalankan proses pembelajarannya meski
dalam keadaan pandemi 3). Pemberlakuan berbagai kebijakan demi menjaga kualitas pendidikan
keagamaan yang ada 4). Pembuatan langkah langkah dalam pemdidikan agar kualitas yang
dimiliki semakin meningkat (3) Hambatan Proses Pendidikan Selama Pandemi Covid-19 di
Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari meliputi bebagai hal seperti adaptasi dalam kebijakan
baru yang memakan waktu cukup lama, kenakalan para santri yang menimbulkan kurangnya
kesadaran diri mereka terhadap covid terbilang rendah, kurang nya fasilitas guna pendukung
pembelajaran online yang di terapkan oleh pihak sekolah formal. Kata Kunci: Perkembangan, Pendidikan, Pandemi Covid-19