Pengaruh Zakat dan Implementasi Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Perbankan Syariah Indonesia Periode Tahun 2017-2020)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh zakat dan implementasi sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan syariah (studi kasus pada perbankan syariah indonesia periode tahun 2017-2020) baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengujian hipotesis, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dimana sumber data sekunder berasal dari informasi berdasarkan data yang sudah ada dan di peroleh secara tidak langsung melalui media perantara berupa bukti catatan atau laporan historis perusahaan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia sebanyak 14 Bank. Data diambil dari laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah (BUS) yang di dapat dari Website Bank Syariah di Indonesia. Dengan jumlah sampel sebanyak 56 teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. 1). Berdasarkan hasil pengujian terkait pengaruh zakat sebagai implementasi sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan Perusahaan Perbankan Syariah, maka dapat diambil kesimpulan Zakat sebagai implementasi sosial perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan syariah pada bank syariah di Indonesia periode tahun 2017 – 2020 2). Zakat berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan syariah pada bank syariah di Indonesia periode tahun 2017 – 2020 3). Implementasi sosial perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan syariah di Indonesia periode tahun 2017 - 2020
Kata kunci: zakat, implementasi dan kinerja keuangan.