Pengaruh Kode Etik Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) dan Universitas Negeri Malang (UM) 2018).
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kode etik belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengujian hipotesis, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuisioner skala likert 1 sampai 5 yang dibagikan kepada mahasiswa fakultas ekonomi program studi akuntansi di kota Malang. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2018 yang masih aktif Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim dan Universitas Negeri Malang (UM) dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, pemilihan sampel menggunakan metode metode purposive sampling menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kode etik pembelajaran, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial, pembelajaran kode etik berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,05. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,05. Kecerdasan spiritual tidak berpengaruh signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi dengan nilai signifikansi 0,309 > 0,309.
Kata kunci: kode etik belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan stres kuliah.