Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Islam Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh signifikan disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi akuntansi di Universitas Islam Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Muhammadiyah Malang Akuntansi angkatan 2018, pengambilan sampel dilakukan sebanyak 280 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dalam pengumpulan menggunakan angket dan analisis data menggunakan statistic deskriptif serta regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi akuntansi di Universitas Islam Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2018.
Kata Kunci : disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, prestasi belajar