View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya dalam Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis pada Pengenalan Lambang Bilangan pada Anak usia 3-4 Tahun di KB/TK Trisula 01 Perwari Singosari

Thumbnail
View/Open
S1_FAI_21701014010_Roihatul Hasanah.pdf (1.873Mb)
Date
2021-07-25
Author
Roihatul, Hasanah
Metadata
Show full item record
Abstract
Logis matematis merupakan salah satu dari 9 jenis kecerdasan yang dimiliki anak, kecerdasan ini biasa disebut dengan multiple Intelegensi (Kecerdasan Majemuk). Kecerdasan anak tidak hanya diukur melalui IQ (Intellegence Quotient). kecerdasan majemuk memiliki 9 jenis yaitu: Kecerdasan verbal linguistik (cerdas kata), kecerdasan logis matematis (cerdas angka), Kecerdasan visual spasial (cerdas gambar warna), kecerdasan musical (cerdas musik lagu), kecerdasan kinestik (cerdas gerak), kecerdasan interpersonal (cerdas sosial), kecerdasan intrapersonal (cerdas diri), kecerdasan naturalis (cerdas alam), kecerdasan eksistensial (cerdas hakikat). Mengenalkan lambang bilangan pada anak usia dini merupakan upaya dalam meningkatkan kecerdasan logis matematis (cerdas angka) yang mempunyai ranah kognitif karena berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek, yakni pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Sedangkan kecerdasan logis matematis dapat dipahami dengan pengertian kemampuan untuk menangani bilangan, perhitungan dan pola menggunakan pola angka dengan baik dan melakukan penalaran yang lain. Adapaun yang dikaji dalam penelitian ini yaitu upaya dalam meningkatkan kecerdasan logis matematis dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis kemampuan awal mengenal lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun di KB/TK Trisula 01 Perwari Singosari. 2) Mendeskripsikan penerapan media kancing gemerincing untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis dalam pengenalan lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun di KB/TK Trisula 01 Perwari Singosari. 3) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan media kancing gemerincing di KB/TK Trisula 01 Perwari Singosari. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis yang digunakan dalam penelitian kualitatif yang dibahas ini adalah stategi penelitian lapangan atau studi kasus. Cara memperoleh sumber data dapat dikelompokkan menjadi data primer dan data skunder: data primer yang diperoleh oleh peneliti adalah hasil wawancara dengan informasi yaitu dengan kepala sekolah, guru kelas, dan wali murid. sedangkan data sekunder ini digunakan sebagai data pendukung dari data primer. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengamatan lebih lama, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan awal mengenal lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun yaitu anak belum mampu mengenal bilangan atau membilang dari angka 1-10. 2) Penerapan media kancing gemerincing untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis dalam pengenalan lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun, diterapkan dengan cara kreatif dan menyenangkan. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kancing gemerincing untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis dalam pengenalan lambang bilangan adalah yang menjadi faktor pendukung tersedianya sarana prasana di sekolah, kreativitas yang dimiliki pendidik, suasana kelas yang menyenangkan. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah kurang tersedianya antara jumlah media dan jumlah peserta didik yang tidak sebanding, kemudian pembelajaran yang dilaksanakan secara daring sehingga guru tidak dapat memantau secara langsung perkembangan pada peserta didik dan kesibukan yang kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran secara daring.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3710
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group