Analisis Guru Bahasa Inggris yang Tercermin Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas IX Mts Nurul Yaqin

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Elthia, Memy Wardani
dc.date.accessioned 2022-05-23T04:41:51Z
dc.date.available 2022-05-23T04:41:51Z
dc.date.issued 2021-01-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3712
dc.description.abstract Guru merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam belajar. Pembelajaran tidak akan berjalan efektif bila guru tidak dapat mengajar secara efektif. Selain itu, peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Guru bahasa Inggris terutama bertanggung jawab untuk meningkatkan dan menerapkan proses belajar mengajar bahasa Inggris karena mereka mengetahui peran mereka dengan baik. Seorang guru tidak hanya mengajar di sekolah, tetapi juga mendidik para siswanya. Seorang guru harus memiliki pengetahuan pendidikan, karakteristik pribadi dan gaya mengajar untuk mencapai pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing yang efektif dan berhasil di kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter guru bahasa Inggris kelas IX Mts Nurul Yaqin berdasarkan pandangan siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Nurul Yaqin khususnya siswa kelas IX. Peneliti mengambil satu kelas saja yang berjumlah 18 siswa untuk diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengungkap karakteristik guru bahasa Inggris yang tercermin dalam pembelajaran pengajaran bahasa Inggris. Pengumpulan data melibatkan beberapa instrumen yaitu kuesioner dengan Google Form dan Wawancara menggunakan fitur Voice Note di WhatsApp. Ada Delapan belas siswa berpartisipasi dalam memberikan angket dan empat siswa berpartisipasi dalam melakukan wawancara berdasarkan efektivitas di kelas selama proses pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris kelas IX memiliki karakter yang baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pandangan siswa bahwa karakter guru bahasa Inggris dalam hal kompetensi profesional dan kepribadian antara lain: penguasaan materi sebesar 81,11% artinya sangat baik, kesabaran sebesar 79,25% artinya baik , kreatif sebesar 75,27% artinya baik, empati sebesar 75,92% artinya baik. Namun dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pandangan siswa negatif karena menunjukkan nilai pemanfaatan teknologi dan komunikasi pada guru bahasa Inggris kelas IX adalah 60,83% yang berarti cukup. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Karakteristik Guru en_US
dc.subject Konsep Karakter Guru en_US
dc.title Analisis Guru Bahasa Inggris yang Tercermin Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas IX Mts Nurul Yaqin en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account