Analisis Guru Bahasa Inggris yang Tercermin Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas IX Mts Nurul Yaqin
Abstract
Guru merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam belajar.
Pembelajaran tidak akan berjalan efektif bila guru tidak dapat mengajar secara
efektif. Selain itu, peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Guru
bahasa Inggris terutama bertanggung jawab untuk meningkatkan dan menerapkan
proses belajar mengajar bahasa Inggris karena mereka mengetahui peran mereka
dengan baik. Seorang guru tidak hanya mengajar di sekolah, tetapi juga mendidik
para siswanya. Seorang guru harus memiliki pengetahuan pendidikan,
karakteristik pribadi dan gaya mengajar untuk mencapai pengajaran Bahasa
Inggris sebagai Bahasa Asing yang efektif dan berhasil di kelas Bahasa Inggris.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter guru bahasa Inggris
kelas IX Mts Nurul Yaqin berdasarkan pandangan siswa. Subyek penelitian ini
adalah siswa SMP Nurul Yaqin khususnya siswa kelas IX. Peneliti mengambil
satu kelas saja yang berjumlah 18 siswa untuk diteliti.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kualitatif dan kuantitatif untuk mengungkap karakteristik guru bahasa Inggris
yang tercermin dalam pembelajaran pengajaran bahasa Inggris. Pengumpulan data
melibatkan beberapa instrumen yaitu kuesioner dengan Google Form dan
Wawancara menggunakan fitur Voice Note di WhatsApp. Ada Delapan belas
siswa berpartisipasi dalam memberikan angket dan empat siswa berpartisipasi
dalam melakukan wawancara berdasarkan efektivitas di kelas selama proses
pembelajaran bahasa Inggris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris kelas IX
memiliki karakter yang baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pandangan siswa
bahwa karakter guru bahasa Inggris dalam hal kompetensi profesional dan
kepribadian antara lain: penguasaan materi sebesar 81,11% artinya sangat baik,
kesabaran sebesar 79,25% artinya baik , kreatif sebesar 75,27% artinya baik,
empati sebesar 75,92% artinya baik. Namun dalam hal pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi, pandangan siswa negatif karena menunjukkan nilai
pemanfaatan teknologi dan komunikasi pada guru bahasa Inggris kelas IX adalah
60,83% yang berarti cukup.