Show simple item record

dc.contributor.authorHidayatullah, Rahmat
dc.date.accessioned2020-11-18T03:35:50Z
dc.date.available2020-11-18T03:35:50Z
dc.date.issued2020-08-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/377
dc.description.abstractPada era saat ini bertambahnya populasi masyarakat yang berdampak kepada banyaknya perkumpulan keagamaan seperti diantaranya komunitas tahlil kampung, pembacaan maulid nabi, serta majlis-majlis ta’lim. Akan tetapi dengan bertambahna perkumpulan tersebut tidak dimbangi dengan bertambahnya para remaja yang mampu menjadi generasi penerus dalam perkumpulan tersebut, yang hanya didominasi oleh para orang-orang sepuh yang belum tentu mampu bertahan hingga generasi selanjutnya. Oleh karena itu dalam suatu pendidikan sangat diperlukan sebuah program penambahan dalam upaya mengatasi krisisnya remaja yang berkontribusi dalam kegiatan keagamaan. Dan pendidikan sangat berperan penting dalam meningkatkan mutu remaja atau para siswa dalam bermasyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kokurikuler Al-Qur’an pendekatan halaqoh, pelaksanaan dan penilaian program halaqoh dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Yang nantinya seseorang yang bisa membaca Al-Qur’an dapat berguna di masyarakat Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana jenis trategi ini bersifat tebuka dan fleksibel dengan fokus mendalam untuk menyusun deskripsi secara sistematis. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan tanya jawab dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi. Pelaksanaan kegiatan analisis data dilakukan mulai dari perumusan masalah sebelum terjun lapangan dan dilakukan secara terus-menerus sampai menyimpulkan hasil penelitian. Sedangkan teknik pengambilan keabsahan data menggunakan triangulansi baik antar peneliti, metode, sumber data dan teori. Lokasi yang dipilih peneliti adalah Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang. Subjek peneliti adalah peserta didik Madrasah Tsanawiyah An-Nur vii Bululawang serta proses kegiatan halaqoh dan informan dari ketua pelaksana sekaligus ustadz halaqoh. Dari beberapa usaha-usaha di atas di dapatkan temuan penelitian bahwasanya perencanaan program halaqoh diawali dari ide pengasuh pondok pesantren An-Nur 1.Yang dalam perencanaanya menggunakan pendekatan halaqoh dengan berkelompok dan individu. Metode yang digunakan adalah metode klassikal, muro’jaah dan sorogan. Yang akan dinilai yaitu kelancaran dalam membaca, kefasihan sesuai makhorijul huruf, tajwid dan kekuatan hafalan. Perencanaan waktu sebelum pelajaran biasa di kelas masing masing selama 45 menit. Pelaksanaan program halaqoh pada kelompok rendah menggunakan teacher center, metode yang digunakan yaitu metode klasikal dan dilanjutkan dengan penilaian sekaligus evaluasi. Untuk kelas sedang dan tahfidz menggunakan pendekatan kelompok student center dan peserta didik memuroja’ah (mengulang-ulang) bacaan dan dilanjutkan setoran dan penilaian sekaligus evaluasi. Evaluasi program halaqoh mengacu kepada adanya faktor penghambat dan faktor pendukung sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kualitas program halaqoh ini. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepan dari Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang untuk dapat ditingkatkan lagi terutama kehadiran ustadz dan waktu pembelajaranya ditambah agar program halaqoh menjadi lebih baik dan diakhiri dengan hasil yang memuaskan. Kata Kunci : Manajemen, Program Halaqoh, Al Qur’an.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectManajemenen_US
dc.subjectProgram Halaqohen_US
dc.subjectAl Quranen_US
dc.titleManajemen Program Halaqoh Al Quran di Madrasah Tsanawiyah An Nur Bululawang Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record