Peran Ustadz-Ustadzah dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah pada Santri Putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Islakhuzzaqiyah
dc.date.accessioned 2020-11-18T03:51:44Z
dc.date.available 2020-11-18T03:51:44Z
dc.date.issued 2020-08-27
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/380
dc.description.abstract akhlaq atau budi pekerti merupakan asal-usul dasar tingkah laku tanpa adanya pertimbangan, dengan demikian akhlaq merupakan golongan dari normatif, meski tergolong dalam kategori normatif akhlaqul karimah atau budi pekerti yang baik masih jarang dijumpai terutama dikalangan remaja atau pelajar, hal ini disebabkan pengaruh zaman, terutama zaman yang sedang kita alami yakni zaman globalisasi. Mengenai fenomena tersebut pendidikan telah di akui sebagai salah satu perantara ruang yang membina kepribadian yang sesuai dengan norma-norma dan nilai budaya yang di akui di dalam tatanan masyarakat. Dalam dunia pendidikan peran guru atau ustadz-ustadzah dalam meningkatkan Akhlakul karimah adalah salah satu hal yang memang seharusnya perlu dilakukan termasuk juga di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Al- Fadholi Merjosari, untuk meningkatkan akhlaqul karimah dan akidah santri putri Darul Ulum Al- Fadholi ustadz-ustadzah melakukannya dengan memperkenalkan kitab-kitab salaf yang di dalamnya terkandung ajaran-ajaran tauhid, budi pekerti, sejrah, dan tata cara hidup sesuai ajaran syari’at agama islam. Sealain memperkenalkan ajaran-ajaran tersebut para ustadz-udtadzah juga juga melakukan peningkatan melalui cara menunjukkan dan memberi contoh perilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari individu dan social, serta tata cara dalam melakukan akhlaqul karimah dan juga tata cara menghindari akhlaq tercela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peran ustadz-ustadzah dalam meningkatkan akhlaqul karimah pada santri putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi, Malang, metode ustadz-ustadzah dalam meningkatkan meningkatkan akhlaqul karimah pada santri putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Malang, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlaqul karimah pada santri putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Malang. Penelitian yang telah dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa proses pengumpulan data diantara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selajutnya peneliti menggunakan analisa vii kualitatif untuk mengkaji hasil penelitiannya yang meliputi, Reduksi data,display data dan menarik kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil penelitian guna menjawab fokus penelitian yang ada yaitu (1) Terdapat beberapa upaya ustadz-ustadzah dalam meningkatkan akhlaqul karimah santri putri, diantanya : (a) pendidik, (b) motivator, (c) informator dan komunikator, (d) konselor dan (e) teladan. (2) Dalam meningkatkan akhlaqul karimah santri putri ustadz-ustadzah menggunakan dua metode yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. (3) adapun yang menjadi penghambat dan pendukung ustadz-ustadzah dalam meningkatkan akhlaqul karimah santri putri yaitu, (a) faktor penghambat: lingkungan keluarga, media massa dan lingkungan pergaulan. (b) faktor pendukung: tekad dan semangat ustadzustadzah dan kerjasama dari semua kalangan. Kata Kunci : Peran Ustadz-Ustadzah, Pondok Pesantren, Meningkatkan Akhlaqul Karimah. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pondok Pesantren en_US
dc.subject Akhlaqul Karimah en_US
dc.subject Ustadz en_US
dc.subject Ustadzah en_US
dc.title Peran Ustadz-Ustadzah dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah pada Santri Putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account