Peran Ustadz-Ustadzah dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah pada Santri Putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Malang
Abstract
akhlaq atau budi pekerti merupakan asal-usul dasar tingkah laku tanpa
adanya pertimbangan, dengan demikian akhlaq merupakan golongan dari normatif,
meski tergolong dalam kategori normatif akhlaqul karimah atau budi pekerti yang
baik masih jarang dijumpai terutama dikalangan remaja atau pelajar, hal ini
disebabkan pengaruh zaman, terutama zaman yang sedang kita alami yakni zaman
globalisasi. Mengenai fenomena tersebut pendidikan telah di akui sebagai salah satu
perantara ruang yang membina kepribadian yang sesuai dengan norma-norma dan
nilai budaya yang di akui di dalam tatanan masyarakat. Dalam dunia pendidikan
peran guru atau ustadz-ustadzah dalam meningkatkan Akhlakul karimah adalah
salah satu hal yang memang seharusnya perlu dilakukan termasuk juga di Pondok
Pesantren Putri Darul Ulum Al- Fadholi Merjosari, untuk meningkatkan akhlaqul
karimah dan akidah santri putri Darul Ulum Al- Fadholi ustadz-ustadzah
melakukannya dengan memperkenalkan kitab-kitab salaf yang di dalamnya
terkandung ajaran-ajaran tauhid, budi pekerti, sejrah, dan tata cara hidup sesuai
ajaran syari’at agama islam. Sealain memperkenalkan ajaran-ajaran tersebut para
ustadz-udtadzah juga juga melakukan peningkatan melalui cara menunjukkan dan
memberi contoh perilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari individu
dan social, serta tata cara dalam melakukan akhlaqul karimah dan juga tata cara
menghindari akhlaq tercela.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peran ustadz-ustadzah dalam
meningkatkan akhlaqul karimah pada santri putri di Pondok Pesantren Darul Ulum
Al-Fadholi, Malang, metode ustadz-ustadzah dalam meningkatkan meningkatkan
akhlaqul karimah pada santri putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi
Malang, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlaqul karimah
pada santri putri di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Malang.
Penelitian yang telah dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan menggunakan beberapa proses pengumpulan data diantara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Selajutnya peneliti menggunakan analisa
vii
kualitatif untuk mengkaji hasil penelitiannya yang meliputi, Reduksi data,display
data dan menarik kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil penelitian guna menjawab
fokus penelitian yang ada yaitu (1) Terdapat beberapa upaya ustadz-ustadzah dalam
meningkatkan akhlaqul karimah santri putri, diantanya : (a) pendidik, (b) motivator,
(c) informator dan komunikator, (d) konselor dan (e) teladan. (2) Dalam
meningkatkan akhlaqul karimah santri putri ustadz-ustadzah menggunakan dua
metode yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. (3) adapun yang menjadi
penghambat dan pendukung ustadz-ustadzah dalam meningkatkan akhlaqul
karimah santri putri yaitu, (a) faktor penghambat: lingkungan keluarga, media
massa dan lingkungan pergaulan. (b) faktor pendukung: tekad dan semangat ustadzustadzah dan kerjasama dari semua kalangan.
Kata Kunci : Peran Ustadz-Ustadzah, Pondok Pesantren, Meningkatkan Akhlaqul
Karimah.