dc.description.abstract | Media pembelajaran merupakan bagian yang mendukung proses pembelajaran. berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap satu guru matematika dan 17 peserta didik dari SMA Islam Almaarif Singosari, secara berturut-turut diperoleh persentase sebesar 75% dan 75,42%. Sehingga, diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik maupun guru membutuhkan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan.
Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, hasil pengembangan, dan hasil uji coba media pembelajaran matematika interaktif Math Class berbasis website pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X SMA Islam Almaarif Singosari. Media pembelajaran yang dikembangkan, berupa website yang diakses secara online. Selain berisi pembahasan materi, terdapat video animasi yang interaktif di tiap subbabnya. Pengembang juga memberikan kumpulan soal beserta pembahasan agar peserta didik lebih memahami materi. Terdapat quiz interaktif, quiz ini memiliki batasan waktu dalam pengerjaannya dan nilai dapat dilihat setelah selesai mengerjakan quiz tersebut.
Model penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut adalah model prosedural yaitu model Four-D (4D). Model Four-D (4D) terdiri dari empat tahapan, diantaranya: (1) tahap define (penetapan), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi satu validator ahli materi, satu validator ahli desain, satu ahli media, satu ahli praktisi, dan 10 peserta didik kelas X SMA Islam Almaarif Singosari sebagai user (pengguna). Analisis data dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket validasi produk, dan analisis data kualitatif diperoleh dari komentar serta saran pada angket validasi produk.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Four-D (4D), sebagai berikut. (1) Pada proses pengembangan terdapat empat tahap, pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan terhadap satu pendidik dan 17 peserta didik dari SMA Islam Almaarif Singosari, secara berturut-turut diperoleh persentase sebesar 75% dan 75,42%, sehingga diperoleh kesimpulan akhir baik guru maupun peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dikembangkan; pada tahap design dilakukan perancangan yang melalui beberapa tahapan seperti pembuatan flowhart dan storyboard, penyusunan sistematika media pembelajaran, pemrograman media pembelajaran, serta penyusunan instrumen; pada tahap develop, dilakukan pembuatan produk serta penilaian terhadap produk media pembelajaran oleh validator ahli; pada tahap disseminate, dilakukan penyebaran terbatas kepada peserta didik uji coba kelompok kecil dan pendidik di sekolah yang dipilih. (2) Hasil Pengembangan berupa media pembelajaran interaktif berbasis website Math Class pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X yang meliputi, halaman awal yang berisi beranda, panduan pengoperasian web, pengumuman, pelajaran serta menu untuk sign up/login, serta halaman Lp profile; halaman inti yang berisi halaman pendahuluan, halaman materi, halaman guru; dan halaman penutup yang berisi menu logout. Media pembelajaran interaktif math class berbasis website dapat diakses pada link http://mathclass.web.id (3) Hasil uji coba produk, berdasarkan hasil uji ciba validasi kepada ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli praktisi dengan rata-rata yang diperoleh secara berturut-turut adalah 3,21; 3,16; 3,68; 3,86. Sehingga, diperoleh rata-rata dari semua validator ahli dan praktisi adalah 3,48 dengan kesimpulan akhir yaitu produk media pembelajaran yang dibuat telah valid dan dapat digunakan. Pada validasi uji coba user (pengguna) yang melibatkan 10 peserta didik kelas X SMA Islam Almaarif Singosari, diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,35 dengan kesimpulan akhir yaitu media pembelajaran dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Mengingat hasil pengembangan memiliki manfaat dalam pembelajaran, Adapun saran kebermanfaatan dari pengembangan ini yaitu guru disarankan untuk dapat merancang pembelajaran yang mengarahkan peserta didik agar mampu menggali pemahamannya berdasarkan alur pada media pembelajaran interaktif Math Class berbasis website.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, Website, Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel | en_US |