Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Sinta
dc.date.accessioned2022-06-30T05:25:36Z
dc.date.available2022-06-30T05:25:36Z
dc.date.issued2021-07-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3914
dc.description.abstractKemampuan pemahaman konsep matematis adalah prasyarat atau dasar dalam pembelajaran matematika, karena konsep satu dengan konsep lainnya saling berkaitan. Aspek penting yang dapat mendukung kemampuan pemahaman konsep adalah aspek afektif, berupa disposisi matematis dan self concept. Disposisi matematis adalah keingintahuan, ketertarikan, dan apresiasi terhadap matematika. Sedangkan Self concept adalah konsep diri atau cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri secara menyeluruh baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh disposisi matematis dan self concept secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, 2) mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, dan 3) mengetahui pengaruh self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi Aritmatika sosial kelas VII SMP Islam Wajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Islam Wajak. Pemilihan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes soal. Teknik analisis data dilakukan melalui lima tahap, yaitu: uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan disposisi matematis dan self concept secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dimana besar pengaruh disposisi matematis dan self concept secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 83,1%. Selanjutnya, ada pengaruh secara signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dimana besar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 42,1%. Terakhir, ada pengaruh secara signifikan self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dimana besar pengaruh self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 41%. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Self Concept, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Aritmatika Sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectDisposisi Matematisen_US
dc.subjectSelf Concepten_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematisen_US
dc.subjectAritmatika Sosialen_US
dc.titlePengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Islam Wajaken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record