Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Teks Laporan Hasil Pengamatan pada Anak Tunagrahita Kelas 7 SMP SLB Eka Mandiri Batu
Abstract
Siswa berhak mendapatkan perlakuan dan pendidikan yang sama di lingkungan pendidikan, termasuk pada anak tunagrahita (ABK). Dengan keunikan yang dimiliki oleh siswa khususnya tunagrahita, guru harus kreatif atau inovatif dalam menyajikan materi pelajaran sehingga membuat siswa senang. Guru dituntut untuk menyampaikan informasi kepada siswanya secara tuntas dengan mempertimbangkan berbagai keunikan dan ciri khas yang dimiliki oleh siswanya. Media pembelajaran menjadi solusi cerdas karena melalui media pembelajaran, seorang guru dapat menciptakan suasana belajar yang penuh dengan pengalaman mengesankan. Media pembelajaran berfungsi sebagai sumber belajar. Banyak media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pengajaran. Tapi tidak semua media pembelajaran dapat diterapkan dalam pengajaran, semua harus di sesuaikan dengan kebutuhan yang menyangkut materi yang akan disajikan. Media pembelajaran memiliki potensi sebagai pemerjelas pesan, pembangkit semangat, dan motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan media gambar sebagai media penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil pengamatan dengan media gambar pada siswa kelas 7 SLB Eka Mandiri Batu, 2) mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada anak tunagrahita kelas 7 SLB Eka Mandiri Batu.
Penelitian ini menggunakaan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas 7. Sedangkan objek penelitian ini adalah media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan. Data dalam penelitian ini bersumber dari rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil pengamatan dengan media gambar, dan penggunaan media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada anak tunagrahita kelas 7 SLB Eka Mandiri Batu. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen penelitian yang bertindak sebagai pengamat. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dari lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar, dan penggunaan media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada anak tunagrahita kelas 7 SLB Eka Mandiri Batu. Tahapan penelitian dalam penelitian adalah : 1) Tahap persiapan atau pendahuluan, 2) Tahap pelaksanaan, 3) Tahap analisis, 4) Tahap laporan.
Hasil dari penelitian ini ada dua yaitu : 1) Rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil pengamatan dengan media gambar, merupakan sebuah RPP yang disusun untuk pembelajaran tatap muka yang dikembangkan untuk dua kali pertemuan, komponen yang meliputi identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendekatan, model, dan metode pembelajaran, media dan alat pembelajaran, sumber pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. 2) penggunaan media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada anak tunagrahita kelas 7 SLB Eka Mandiri Batu. Penggunaan media gambar dilakukan dengan beberapa langkah-langkah agar media tersebut berfungsi sebagaimana mestinya, dan tujuan pembelajaran tercapai. Langkah-langkah penggunaan media gambar pada teks laporan hasil pengamatan adalah: Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan dengan menyusun RPP kemudian menentukan penggunaan media, kemudian tahap pelaksanaan dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung dan media gambar digunakan dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan. Selanjutnya, tahap evaluasi dilakukan dengan pemberian soal kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru.
Berdasarkan pemaparan data dan pembahasan, maka simpulan ini mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil pengamatan dengan media gambar pada siswa kelas VII SMP SLB Eka Mandiri Batu, dan jenis media gambar yang digunakan dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada siswa kelas VII SMP SLB Eka Mandiri Batu, menggunakan media gambar (kartun).
Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Gambar, Teks Laporan Hasil Pengamatan, Anak Tunagrahita