Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Inti pembahasan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian/manajemen terhadap CSR. Perusahaan menganggap CSR sebagai masalah yang akan berdampak pada nilai perusahaan itu sendiri. Kajian ini bertujuan untuk tahu: pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, pengaruh parameter CSR lingkungan terhadap nilai perusahaan, pengaruh parameter CSR komunitas terhadap nilai perusahaan, pengaruh parameter CSR ketenagakerjaan terhadap nilai perusahaan, pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajemen sebagai variabel moderasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini melibatkan 70 perusahaan high profile, sedangkan sampel penelitian ini adalah 31 perusahaan yang memiliki data lengkap untuk dianalisis. Itu teknik analisisnya adalah regresi linier sederhana, regresi moderat analisis dan regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Lingkungan parameter CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Itu Parameter CSR community berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Parameter CSR ketenagakerjaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajemen sebagai variabel moderasi tidak mampu memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: CSR, nilai perusahaan, lingkungan, masyarakat, lingkungan, manajemen