Show simple item record

dc.contributor.authorPrastiyo, Erik Agus
dc.date.accessioned2022-07-05T03:36:22Z
dc.date.available2022-07-05T03:36:22Z
dc.date.issued2022-01-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4092
dc.description.abstractKemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam pelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis mengacu pada pemahaman yang terintegrasi dengan ide-ide matematika. Peserta didik yang memiliki pemahaman yang baik akan mengetahui lebih dalam tentang ide-ide matematika yang bersifat abstrak. Dalam memahami suatu konsep pada materi matematika, kebanyakan peserta didik kesulitan jika dituntut untuk belajar secara mandiri. Kemandirian belajar sangat penting bagi kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik. Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini dimana pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran daring. Kemandirian belajar sangat penting untuk dimiliki peserta didik. Saat pembelajaran daring peserta didik dituntut untuk belajar mandiri secara daring. Pembelajaran daring merupakan salah satu alternatif untuk tetap melakukan pembelajaran yang ada di Indonesia, karena keterbatasan dalam melakukan pembelajaran secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar yang dilakukan pada masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Ibnu Sina MTs. Sunan Kalijogo Ngadri. Penelitian ini mengambil 3 peserta didik untuk dijadikan sebagai subjek penelitian yang dipilih menggunakan cara purposive sampling (bertujuan). Prosedur pengumpulan data yaitu menggunakan angket, tes dan wawancara. Kemudian instrumen pendukung dalam penelitian ini yaitu angket kemandirian belajar pada masa pembelajaran daring, tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kredibilitas data dengan cara membandingkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yang menjelaskan subjek dengan tiga kondisi yang berbeda. Pada kondisi yang pertama, subjek yang memiliki kemandirian belajar tingkat tinggi pada masa pembelajaran daring mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Dengan kata lain, subjek yang memiliki kemandirian belajar tingkat tinggi pada masa pembelajaran daring, juga memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat tinggi. Pada kondisi yang kedua, subjek yang memiliki kemandirian belajar tingkat sedang pada masa pembelajaran daring, juga memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat sedang. Dari lima indikator pema haman konsep matematis, subjek hanya memenuhi empat indikator, yaitu indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, indikator memberi contoh dan non contoh dari konsep dan indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu. Pada kondisi yang ketiga, subjek yang memiliki kemandirian belajar tingkat rendah pada masa pembelajaran daring, juga memiliki kemampuan pemahaman konsep tingkat rendah. Dari lima indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, subjek hanya mampu memenuhi tiga indikator, yaitu indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dan indikator memberi contoh dan non contoh dari konsep. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daringen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematisen_US
dc.subjectKemandirian Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Masa Pembelajaran Daringen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record