dc.description.abstract | Kemampuan representasi merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu hal yang mendukung kemampuan representasi matematis peserta didik adalah perlunya penguatan kemandirian belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Penguatan kemandirian belajar yang dimaksud yaitu self regulated learning. Self regulated learning membantu peserta didik menjadi pembelajar yang mengatur diri sendiri, sehingga membuat peserta didik menjadi lebih aktif pada saat proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VII MTs Al-Aziz Banjarpatoman Dampit pada pokok bahasan Himpunan ditinjau dari self regulated learning yang tinggi, sedang, dan rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII MTs Al-Aziz. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Pemilihan subjek penelitian dilakukan setelah 20 peserta didik mengisi angket self regulated learning yang sudah disediakan. Setelah itu akan diketahui tingkatan self regulated learning peserta didik, yaitu: tinggi, sedang, dan rendah. Dari masing-masing tingkatan self regulated learning akan diambil dua peserta didik untuk dijadikan subjek penelitian, dengan tujuan untuk memperoleh data yang lebih kuat dan valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, validasi data menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda yaitu untuk Teknik tes kemampuan representasi matematis dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa subjek 1 dengan klasifikasi self regulated learning tinggi memiliki kemampuan representasi yang tinggi dalam menyelesaikan tes soal Himpunan. Subjek 1 dalam menyelesaikan soal Himpunan pada soal nomor 1 mampu memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis dan ada dua indikator yang tidak terpenuhi pada soal nomor 2. Subjek 2 dengan klasifikasi self regulated learning tinggi memiliki kemampuan representasi yang tinggi dalam menyelesaikan tes soal Himpunan. Subjek 2 dalam menyelesaikan soal Himpunan pada soal nomor 1 dan 2 mampu memenuhi empat indikator. Subjek 3 dengan klasifikasi self regulated learning sedang memiliki kemampuan representasi yang sedang dalam menyelesaikan tes soal Himpunan. Subjek 3 dalam menyelesaikan soal Himpunan pada soal nomor 1 memenuhi tiga indikator dan pada soal nomor 2 memenuhi empat indikator. Subjek 4 dengan klasifikasi self regulated learning sedang memiliki kemampuan representasi yang sedang dalam menyelesaikan tes soal Himpunan. Subjek 4 dalam menyelesaikan soal Himpunan pada soal nomor 1 dan 2 mampu memenuhi tiga indikator. Subjek 5 dengan klasifikasi self regulated learning rendah memiliki kemampuan representasi yang rendah dalam menyelesaikan tes soal Himpunan. Subjek 5 dalam menyelesaikan soal Himpunan pada soal nomor 1 mampu memenuhi dua indikator dan mampu memenuhi satu indikator pada soal nomor 2. Subjek 6 dengan klasifikasi self regulated learning rendah memiliki kemampuan representasi yang rendah dalam menyelesaikan tes soal Himpunan. Hal ini ditunjukkan dengan subjek 6 dalam menyelesaikan soal Himpunan pada soal nomor 1 dan 2 hanya mampu memenuhi satu indikator.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Himpunan, Self Regulated Learning. | en_US |