Efektivitas Penerapan Model Sinektik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh deskripsi objektif tentang keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung sebelum diterapkan model sinektik; (2) memperoleh deskripsi objektif tentang keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung sesudah diterapkan model sinektik; (3) menguji efektivitas penerapan model sinektik dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.
Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan rancangan pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Sinektik” dan variabel terikat berupa “Pembelajaran Menulis Teks Cerpen”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung dengan jumlah siswa 120 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel cluaster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa dan siswa XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang diterapkan di penelitian ini adalah dengan memberikan tes menulis cerpen pada masing-masing kelas eksperimen dan kontrol. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan pada tahap analisis penelitian ini menggunakan analisis statistik melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pada hasil keterampilan menulis kelas kontrol yang tanpa menggunakan model sinektik pada pretest dan posttest. Hal ini tergolong cukup baik. Perbedaan tersebut terbukti dengan program SPSS versi 25 yang dilakukan pada skor pretest dan posttest kelas kontrol. Hasil keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung tanpa menggunakan model sinektik mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 52, 95 menjadi 76, 90; (2) terdapat perbedaan pada hasil keterampilan menulis kelas eksperimen yang menggunakan model sinektik pada pretest dan posttest. Pengaruh model sinektik pada kelas eksperimen tergolong perubahan yang sangat baik, terjadi perubahan yang signifikan pada hasil test. Perbedaan tersebut terbukti dengan program SPSS versi 25 yang dilakukan pada skor pretest dan posttest kelas eksperimen. Hasil keterampilan menulis teks cerpen siswa XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung kelas dengan menggunakan model sinektik mengalami peningkatan dari 58, 15 menjadi 88, 10; (3) berdasarkan hasil pengujian hipotesis, didapati adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung, dengan ditujukkan angka statistik yakni thitung = 9,495 > nilai alfa =2,093. Nilai Sig. < ∝ (0,05) atau thitung (9, 495) > ttabel (2,093) atau thitung (9,495)< -nilai alfa (2,093) maka keuputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima adalah model sinektik efektif terhadap pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik.
Kata Kunci : Efektivitas, Model Sinektik, Teks Cerpen