Efektivitas Keterampilan Menulis Slogan Menggunakan Daring Pada Peserta Didik Pola Empat Semester 2 di SMPN 5 Malang
Abstract
Efektivitas adalah tindakan atau usaha yang membawa hasil, dengan pembelajaran daring guru bisa mengumpulkan informasi tentang pembelajaran daring dalam keterampilan menulis slogan pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang. Dengan menggunakan penelitian ini kemudian hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperoleh informasi yang berguna bagi pengambilan kebijakan pendidikan pada rangka meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemik seperti sekarang.
Ada tiga cakupan aspek yang menjadi fokus penelitian tentang efektivitas pembelajaran daring dalam keterampilan menulis slogan pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang, yaitu : 1) Bagaimanakah pembelajaran daring menulis slogan pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang. 2) Bagaimanakah keterampilan menulis slogan dalam pembelajaran daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang. 3) Bagaimanakah efektivitas penggunaan pembelajaran daring pada keterampilan menulis slogan pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang.
Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif ini untuk dapat memahami tindakan-tindakan pada subjek dan objek yang diteliti melalui teknik penelitian kuantitatif seperti dokumentasi,wawancara, dan google form. Sebab untuk mendapatkan hasil dari penelitian yang mendalam tentang efektivitas penggunaan daring dalam pembelajaran keterampilan menulis slogan pada peserta didik pola empat semester 2 diSMPN 5 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan objek penelitian ataupun hasil penelitian. Data yang diperoleh berasal dari, dokumentasi, wawancara dan angket. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan daring dalam pembelajaran keterampilan menulis slogan pada peserta didik peserta didik pola empat semester 2 SMPN 5 Malang. Sampel yang digunakan adalah peserta didik pola empat semester 2 A dan B.
Digunakan jenis penelitian deskriptif ini guna untuk dapat mendeskripsikan penelitian pada kondisi subjek ataupun hasil penelitian yang bersangkutan mengetahui efektivitas keterampilan menulis slogan menggunakan pembelajaran daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pembelajaran menggunakan daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang. 38,2% presentase siswa setuju dengan pembelajaran menggunakan daring (WA,google meet,Zoom,dll), 38,2% presentase siswa setuju menyimak dengan baik saat pembelajaran daring, 36,4% presentase siswa tidak setuju dengan pembelajaran daring membuat siswa merasa bosan, jadi dilihat dari analisis diatas menunjukkan bahwa siswa lebih senang pembelajaran daring. Pembelajaran daring yaitu pembelajaran dengan melatih kemampuan siswa untuk belajar mandiri tanpa bergantung kepada guru. Seperti peserta didik pola empat yang program kegiatan kelasnya dipercpat dalam hal waktu dan kurikulum pembelajarannya pada masa pandemic seperti saat ini, pembelajaran daring menjadi alternatif pembelajaran agar siswa tetap bisa belajar, peserta didik pola empat dintuntut untuk bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan efisien agar tetap bisa mencapai kurikulum pembelajaran di kelas pola empat yang harus ditempuh dalam waktu 3 bulan (1 semester).
Pembelajaran daring keterampilan menulis slogan berdasarkan penelitian 32,7% siswa setuju jika siswa dikatakan senang pembelajaran keterampilan menulis slogan dengan menggunakan daring, 36,4% setuju jika dikatakan siswa sangat antusias dengan pembelajaran keterampilan menulis slogan, jadi dilihat dari analisis diatas menunjukkan bahwa siswa lebih senang pembelajaran keterampilan menulis slogan karena dapat menuangkan ide terhadap karyannya. Berdasarkan teori Saleh Abbas keterampilan menulis dapat melatih peserta didik untuk menuangkan kemampuan imajinasinya pada penulisan slogan. Seperti peserta didik pola empat yang lebih suka pembelajaran menulis slogan untuk mengasah kreatifitas siswa.
Berdasarkan penelitian tersebut 32,7% setuju jika siswa dikatakan senang pembelajaran keterampilan menulis slogan dengan menggunakan daring, 34,5% setuju jika siswa dikatakan lebih kreatif menulis slogan dengan bertatap muka disekolah daripada dengan pembelajaran daring, 52,7% tidak setuju jika siswa dikatakan kesulitan dengan pembelajaran keterampilan menulis slogan dengan media daring, 36,4% setuju jika siswa dikatakan senang dengan pembelajaran daring yang dapat melatih kreatifitas menulis slogan. Jadi peserta didik lebih kreatif dalam menuangkan imajinasinya menulis slogan. Siswa tidaka ada kesulitan saat keterampilan menulis slogan dengan media daring.
Berdasarkan teori dari Rohmawati efektivitas yaitu sebuah tolak ukur guru untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran yang telah berlangsung, maksudnya peserta didik mampu dan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Peserta didik pola empat mampu mencapai tujuan pembelajaran dalam menulis slogan dengan menggunakan daring bisa dikatakan efektif.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sesuai dengan data yang diperoleh peneliti, pelaksanaan pembelajaran online, dengan begitu siswa harus belajar sendiri dirumah dengan pembelajaran jarak jauh. Daring adalah solusi untuk pembelajaran saat ini. Pembelajaran daring sangat mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Dalam pembelajaran daring ini guru harus menyiapkan strategi pembelajaran agar siswa tidak mudah bosan, pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka, seperti (sinkron maya, asinkron mandiri, dan asinkron kolaboratif), bahan ajar, media yang digunakan dan juga evaluasi pembelajaran untuk siswa agar materi yang disampaikan oleh guru melalui media online dapat dipahami oleh siswa, dan juga siswa tetap giat belajar. Keterampilan menulis dapat melatih peserta didik untuk menuangkan kemampuan imajinasinya pada penulisan slogan. Seperti peserta didik pola empat yang lebih suka pembelajaran menulis slogan untuk mengasah kreatifitas siswa. Peserta didik pola empat banyak yg menyukai pembelajaran keterampilan menulis slogan dibandingkan pembelajaran bahasa Indonesia yang lain. Keterampilan menulis slogan pada peserta didik pola empat dapat merangsang munculnya ide dalam pembelajara n. Pembelajaran keterampilan menulis slogan dengan menggunakan daring terhadap peserta didik pola empat, adanya efektifitas pembelajaran keterampilan menulis slogan dengan menggunakan daring. Peserta didik tidak kesulitan terhadap proses pembelajaran melalui daring ini. Respon ini dibuktikan dari hasil angket 52,7% tidak setuju jika siswa dikatakan kesulitan dengan pembelajaran keterampilan menulis slogan dengan media daring. Berdasarkan wawancara dengan guru, mereka merespon positif. Respon ini dibuktikan dari hasil wawancara dengan angket keterampilan siswa saat menulis slogan dengan pembelajaran daring, peserta didik menjadi lebih terampil saat pembelajaran menggunakan daring. Peserta didik dapat menuangkan ide nya secara lebih luas jika belajar sendiri tidak tertekan seperti saat di sekolah. Keterampilan menulis slogan dengan daring dapat diterapkan kepada peserta didik agar peserta didik lebih mandiri untuk mengerjakan tugasnya.
Hasil penelitian ditemukan berdasarkan dari hasil analisis efektivitas keterampilan menulis slogan menggunakan pembelajaran daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang pada angket yang sudah dibagikan kepada responden. Segala aspek diluar angket siswa yang sudah dibagikan bukan merupakan tanggungjawab peneliti.
Kata Kunci : Efektivitas, Keterampilan Menulis Slogan dan Media Pembelajaran Daring, Peserta Didik Pola Empat Semester 2 Di SMPN 2 Malang.