dc.description.abstract | Lingkungan belajar yang kondusif akan membuat siswa berlajar dengan nyaman, saat siswa dapat belajar dengan nyaman siswa akan terdorong untuk memotivasi diri sendiri untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. sejalan dengan pembelajaran daring yang dilakukan dikarenakan wabah covid-19 siswa diharuskan belajar dari rumah. Lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa akan sangat berengaruh kepada hasil belajar. Oleh karena itu dukungan dari sekolah, keluarga, dan masyarakat akan sangat dibutuhkan agar siswa dapat memperoleh hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara: (1) lingkungan belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia, dan (3) lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 siswa SMP Islam Pakisaji Malang.
Jenis penelitian ini kuantitatif dan teknik korelasi secara product moment dan korelasi ganda. Teknik korelasi secara product moment dan korelasi ganda digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment terhadap variable bebas yakni lingkungan belajar(X1), motivasi belajar (X2) dan variable terikat yakni hasil belajar bahasa Indonesia(Y). Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) lingkungan belajar dengan hasil belajar diperoleh korelasi 0,806> 0,5, nilai sig 0,002, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar diperoleh 0,632> 0,5,nilai sig 0,027. (3) nilai koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,709. Hasil Fhitung sebesar 8,331, Ftabel sebesar 4,26, sehingga 8,331 > 4,26. Simpulan didapat terdapat korelasi lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Korelasi, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar | en_US |