Pengaruh Hasil Belajar Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Perpajakan dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Unisma)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari Hasil belajar Perpajakan, Intensitas pemberian tugas, Gaya belajar dan Motivasi belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Perpajakan, dan Pengaruh Hasil belajar Perpajakan, Intensitas pemberian tugas dan Gaya belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Perpajakan dengan Motivasi Belajar sebagai variabel moderating. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Metode pengumpulan data yakni metode survey menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa prodi Akuntansi Universitas Islam Malang. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan 2 model. Model 1 bertujuan untuk melihat hubungan satu variabel dependen terhadap lebih dari satu variabel independent sedangkan Model 2 bertujuan untuk menguji pengaruh ketiga variabel independen terhadap variabel dependen dengan memasukkan variabel pemoderasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut : Hasil belajar perpajakan; Gaya belajar dan Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Pemahaman akuntansi perpajakan, sedangkan Intensitas pemberian tugas tidak berpengaruh signifikan terhadap Pemahaman akuntansi perpajakan. Sedangkan Motivasi belajar memperlemah hubungan antara Hasil Belajar Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas, dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Perpajakan.
Kata Kunci : Hasil belajar, Intensitas pemberian tugas, Gaya belajar, Motivasi belajar.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Korelasi Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Siswa SMP Islam Pakisaji Malang
Sari, Ledy Berliana Kartika (Universitas Islam Malang, 2021-07-10)Lingkungan belajar yang kondusif akan membuat siswa berlajar dengan nyaman, saat siswa dapat belajar dengan nyaman siswa akan terdorong untuk memotivasi diri sendiri untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. sejalan dengan ... -
Pengaruh Kontinuitas Belajar, Dukungan Keluarga dan Lingkungan Sosial, Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mahasiswa Universitas Islam Malang Jurusan Akuntansi Angkatan 2017
Hariyadi, Slamet (Universitas Islam Malang, 2021-08-20)Di Era Globalisasi, Perkembangan Di Berbagai Bidang, Misalnya Pembangunan, Ekonomi, Komunikasi, Pendidikan Dan Lain Sebagainya. Kemajuan Sebuah Bisnis Dapat Dilihat Dari Berapa Keuntungan Yang Didapat Dan Penggunaan Sistem ... -
Hubungan antara Minat Belajar dan Gaya Belajar pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV MI KH. Hasyim Asy’ari Malang
Dianti, Anggraini Nur (Universitas Islam Malang, 2021-12-25)Wabah virus corona yang menjadi pandemic di tahun 2020 membawa pengaruh besar terhadap segala bidang tak terkecuali bidang pendidikan yang berimbas pada situasi pembelajaran yang harus dilakukan secara daring/online karena ...