Implementasi Metode Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas III MI Mamba’ul Ulum Mayong Karangbinangun Lamongan
Abstract
Di zaman sekarang di mana semuanya serba canggih karakter anak yang mempunyai moral baik sangat penting. Pentingnya moral yang baik tidak lepas dari munculnya beberapa fenomena sosial saat ini. Karakter bangsa menjadi aspek utama dari kualitas sumber daya manusia karena kualitas karakter anak menentukan kemajuan suatu bangsa. Sekolah atau madrasah diyakini mampu memperbaiki hal itu dengan membentuk karakter anak. Sekolah atau madrasah diyakini dapat mengupayakan penanaman nilai-nilai karakter dengan pembiasaan keagamaan atau mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam mata pelajaran. Seperti yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Mayong salah satu lembaga yang mengimplementasikan pembiasaan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa kelas III MI Mambaul Ulum Mayong serta karakter religius apa saja yang terbentuk dengan adanya program pembiasaan keagamaan dan yang terakhir apa faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembiasaan keagamaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kemudian dalam mengumpulkan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: (1) Proses implementasi pembiasaan keagamaan dalam membentuk karakter siswa kelas III MI Mambaul Ulum (2) Karakter religius siswa kelas III MI Mambaul Ulum yang terbentuk dengan adanya pembiasaan keagamaan (3) Faktor penghambat dan pendukung terlaksananya pembiasaan keagaman.
Kata Kunci: Implementasi, Pembiasaan Keagamaan, Karakter Religius