Penerapan Model Pembelajarann Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMA Negeri 4 Malang
Abstract
Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Peserta didik diharuskan untuk belajar mengembangkan kemampuan dan sikap pribadi yang baik sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan dirinya. Pembelajaran dikatakan baik dan berhasil jika seorang guru berhasil membangkitkan motivasi belajar dan menjadikan siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan mampu mencapai tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar kelas XI di SMA Negeri 4 Malang, (3) Untuk mendeskripsikan dukungan dan juga hambatan selama penerapan model pembelajaran discovery learning sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data sesuai dengan hasil temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahap yakni : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 4 Malang sudah dilaksanakan sesudai dengan prosedur discovery learning. (2) Hasil dari implementasi model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang yang paling menonjol adalah motivasi belajar siswa. (3) Hambatan yang dialami guru dalam penerapan model discovery learning terkadang masih ada siswa yang belum terbiasa dengan pembelajaran berbasis penemuan. Pendukung : Sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 4 Malang sudah memadai dan mendukung untuk penerapan model pembelajaran discovery learning.
Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Discovery Learning, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.