Peran Kepengurusan IPNU dan IPPNU dalam Menjaga Tata Tertib di Madrasah Aliyah Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keingintahuan peneliti atas apa kepentingan organisasi pelajar IPNU-IPPNU di MA Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan karena peneliti melihat bahwa organisasi pelajar IPNU-IPPNU mempunyai peran yang penting disana. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) adalah organisasi resmi atau badan otonom dibawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang menaungi pemuda-pemudi NU khususnya di kalangan pelajar. MA Fathul Hidayah sebagai lembaga pendidikan yang berorientasikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah AnNahdliyah memberi kepercayaan lebih kepada IPNU-IPPNU untuk memberikan mereka pengalaman berorganisasi dan lebih amanah dalam menjaga kepercayaan. Upaya ini merupakan bentuk kepedulian kepada generasi penerus agar dapat mengestafetkan perjuangan para pendiri dan pejuang NU, menyebarkan nilai-nilai keagamaan dan nasionalisme serta , menegakkan Ahlussunnah Waljama’ah.
Dari latar belakang penelitian diatas maka disusunlah tujuan penelitian ini yaitu untuk medeskripsikan bagaimana kedudukan organisasi pelajar IPNU-IPPNU di MA Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan serta upaya apa yang dilakukan kepengurusan IPNU-IPPNU dalam menjaga tata tertib di MA Fathul Hidayah juga kendala-kendalanya.
Metode yang peneliti lakukan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif . pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan narasumber yang bersangkutan yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, dan pengurus IPNU-IPPNU. Selain wawancara peneliti juga melakukan observasi di lapangan guna mengetahui bagaimana keadaan di lapangan langsung.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) Kedudukan organisasi pelajar IPNU-IPPNU di MA Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan adalah sebagai organisasi intra madrasah. 2) Tugas kepengurusan IPNU-IPPNU dalam upaya menjaga tata tertib di MA Fathul Hidayah adalah menjaga ketertiban dan kedisiplinan siswa dengan melakukan penjagaan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. 3) Kendala yang dihadapi pengurus IPNU-IPPNU adalah ketika menghadapi teman sendiri, kurnag konsisten dalam menjalankan tugas, dan kurangnya koordinasi dengan sesama pengurus maupun dengan dewan guru.
Kata Kunci : Organisasi Pelajar IPNU-IPPNU, Tata Tertib