Penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
Abstract
Terjadinya krisis multidimensi khususnya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada pertengahan tahun 1997, menimbulkan konsep Good Corporate Governance. Sebagai dampak dari krisis tersebut ialah mengakibatkan banyaknya perusahaan yang berjatuhan karena tidak mampu untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Di era globalisasi ini, suatu perusahaan harus mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan usahanya secara bersih, sehat serta sesuai dengan etika. Untuk itu, dalam mewujudkan konsep Good Corporate Governance di suatu perusahaan, diperlukan adanya penerapan system pengendalian intern yang efektif serta dilandasi etika bisnis.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip Good Corporate Governance telah di terapkan dengan baik pada PT. BNI (Persero), Tbk Distribusi Jawa Timur Kantor Cabang Malang. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan adalah : “Bagaimana penerapan Good Corporate Governance terhadap pengelolaan pegawai”. Langkah pemecahan masalah yang dilakukan perusahaan adalah dengan menerapkan Good Corporate Governance efektif yang meliputi prinsip pokok Good Corporate Governance antara lain: transparansi, tanggung jawab, independensi, kesetaraan dan akuntabilitas. Disamping itu, perusahaan juga menerapkan etika bisnis dalam lingkungan perusahaan.
Berdasarkan pembahasan terhadap masalah tersebut, maka saran yang dapat diajukan antara lain sebaiknya PT. BNI (Persero), Tbk Distribusi Jawa Timur Kantor Cabang Malang mengambil langkah konkrit dalam penerapan sistem Good Corporate Governance terhadap pengelolaan pegawai, serta senantiasa mensosialisasikan makna Good Corporate Governance dalam setiap kesempatan yang ada.
Kata Kunci : Good Corporate Governance, Sistem Pengendalian Intern, Etika Bisnis