Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa di SDN 1 Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang
Abstract
Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, namun tidak hanya berfokus pada pemberian materi dan teori. Dengan memberikan wadah peserta didik untuk mengembangkan minat bakat dan potensi yang mereka miliki. Pada dasarnya sejak dini manusia memiliki kemampuan untuk bergerak. Dalam hal ini sekolah yang merupakan tempat belajar hendaknya memberikan ruang atau fasilitas untuk meningkatkan kecerdasan kinestetiknya diantaranya kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik adalah seni tari. Seni tari mampu membantu siswa untuk menciptakan ide yang diekspresikan dalam gerakan.
Berdasarkan konteks penelitian di atas peneliti merumuskan beberapa masalah antara lain kecerdasan kinestetik siswa di SDN 1 Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, implementasi ekstrakurikuler seni tari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa di SDN 1 Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, Kendala ekstrakurikuler seni tari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik di SDN 1 Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan kecerdasan kinestetik siswa, mengkaji dan mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler seni tari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa, menganalisis dan mendeskripsikan kendala ekstrakurikuler seni tari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik di SDN 1 Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan tujuan peneliti ingin melakukan penelitian secara mendalam melalui prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, maka peneliti dapat menemukan temuan penelitian sebagai berikut: (1) kecerdasan kinestetik siswa, adanya ekstrakurikuler yang digunakan sebagai media menganalisis kecerdasan yang dimiliki anak. (2) implementasi ekstrakurikuler seni tari dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa, meningkatkan responsif gerak pada anak sehingga mereka cenderung aktif, kreatif, cerdas, terampil, dan percaya diri. (3) kendala dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari, terdapat 2 faktor yaitu faktor human dan non human.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Kecerdasan Kinestetik, Seni Tari