Penerapan Metode Speed Reading dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV D di MI Bustanul Ulum Kota Batu
Abstract
Pendidikan merupakan suatu usaha agar manusia dapat mengembangkan pontesi yang telah dimilikinya melalui proses pembelajaran maupun cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Membaca merupakan suatu proses pengolahan bacaan secara kritis dan kreatif yang dilakukan dengan memperoleh pemahaman yang bersifat menyeluruh tentang suatu bacaan yang sedang dibaca, dan penilaian terhadap keadaan, nilai, fungsi, dan dampak suatu bacaan. Kemampuan membaca merupakan kesanggupan seseorang atau anak dalam mengolah huruf atau kata dengan menyambungkannya dengan bunyi serta mampu memahami makna dari bacaan yang dibaca dengan baik dan tepat. Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi kemampuan membaca siswa kelas IV D di MI Bustanul Ulum Kota Batu yang masih kurang serta kesulitan memahami suatu bacaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV D masih belum diberikannya tindakan secara serius terkait permasalahan ini, sehingga siswa masih mengalami minat baca yang masih kurang, kelancaran membaca serta pemahamanannya yang masih kurang, menjadikan hasil belajar belum memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Oleh karena itu, pada kesempatan ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode speed reading yang belum pernah digunakan oleh guru kelas atau guru lain sebelumnya, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan membaca serta pemahaman siswa.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menerapkan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV D di MI Bustanul Ulum Kota Batu. 2) Peningkatan kemampuan membaca melalui metode speed reading siswa kelas IV D MI Bustanul Ulum Kota Batu.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu suatu penelitian yang mengkaji proses pembelajaran dan dikaitkan dengan pengoptimalan penggunaan metode, media, strategi pembelajaran, dimana dalam kegiatan perbaikan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang artinya data yang dikumpulkan bukan merupakan sebuah angka melainkan berasal dari naskah wawancara, observasi catatan lapangan, serta dokumentasi. Penelitian terdiri dari dua siklus yang telah dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis data kualitatif diguanakan untuk menentukan peningkatan proses pembelajaran khususnya tindakan yang dilakukan berupa catatan lapangan, wawancara, observasi dan dokumentasi yang akan dianalisis. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikannya suatu tindakan berupa tes yang telah dilakukan. Dimana subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV D tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 37 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan metode speed reading dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV D MI Bustanul Ulum Kota Batu serta pemahamannya terhadap bacaan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada tindakan pra siklus memperoleh prensentase 35,13%, dengan kemampuan membaca siswa yang masih kurang. Pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan 67,56% dengan rata-rata 143 Kpm untuk kemampuan membacanya dan 54,05% dengan nilai rata-rata 73,29 untuk kemampuan pemahamannya. Sedangkan pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 91,89% dengan rata-rata 149 Kpm untuk kemampuan membacanya dan 89,18% dengan nilai rata-rata 88,64 untuk kemampuan pemahamannya.
Sehingga dengan menerapkan metode speed reading untuk meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas IV D MI Bustanul Ulum Kota Batu dapat dikatakan berhasil, karena peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode speed reading dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa serta pemahamaan terhadap bacaan.
Kata Kunci : Metode Speed Reading, dan Kemampuan Membaca