Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang
Abstract
Tujuan dari peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk: 1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi di MI Islamiyah Kebonsari. 2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran tematik pada masa pandemi di MI Islamiyah Kebonsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) bentuk-bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi di MI Islamiyah Kebonsari terlihat pada: ice breaking yang variatif, penggunaan media pemmbelajaran, dan wondering (tanya jawab). 2) faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran tematik pada masa pandemi di MI Islamiyah Kebonsari terlihat pada: faktor penghambat yaitu, Beberapa guru yang masih kesulitan dalam menggunakan teknologi, guru tidak dapat mengawasi peserta didik secara langsung pada pembelajaran daring, dan kurangnya pengetahuan orang tua juga menjadi hambatan bagi guru pada proses pembelajaran daring. Faktor pendukung yaitu, Kepala sekolah menjadi fasilitator selama pembelajarann daring, terciptanya hubungan baik antara guru dan kepala sekolah, dan kerja sama antar guru.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Pembelajaran Tematik, Masa Pandemi