Penerapan Aplikasi Classdojo untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mengumpulkan Tugas Mata Pelajaran Tematik Kelas III di MI Khadijah Malang
Abstract
Adanya Pandemi Covid-19 menjadikan semua aktivitas manusia menjadi terhambat. Termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapi kebijakan pemerintah untuk tetap melakukan pembelajaran tetap berjalan. Maka dari itu diterapkanlah pembelajaran daring. Dalam hal ini guru harus bisa menentukan alat atau media apa yang harus digunakan agar pembelajaran tetap bisa dilakukan dengan baik. Sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring, misalnya aplikasi Classdojo.
Aplikasi Classdojo merupakan aplikasi yang disediakan oleh Google untuk proses pembelajaran dengan memanfaatkan menu-menu yang telah disediakan. Guru dapat dengan mudah memberikan materi, memberikan tugas, absensi kehadiran, dan mempermudah peserta didik sebagai tempat untuk pengumpulan tugas. Dengan adanya penerapan aplikasi Classdojo tersebut peserta didik menjadi lebih disiplin dalam mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh guru.
Fokus penelitian yang akan peneliti bahas meliputi, 1.) Bagaimana penerapan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas mata pelajaran Tematik kelas III di MI Khadijah Malang. 2.) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas mata pelajaran Tematik kelas III di MI Khadijah Malang.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1.) Mendeskripsikan penerapan aplikasi Clasdojo untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas mata pelajaran Tematik kelas III di MI Khadijah Malang. 2.) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas mata pelajaran Tematik kelas III di MI Khadijah Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data yang didapatkan dari data primer yaitu guru kelas III dan empat peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur, yaitu kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data yaitu, perluasan partisipasi peneliti, pengamatan yang tekun, pengecekan sejawat dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas mata pelajaran Tematik kelas III di MI Khadijah sudah berjalan dengan baik, guru memanfaatkan menu-menu yang tersedia di aplikasi Classdojo untuk memberikan materi, memberikan tugas, absensi kehadiran peserta didik, dan sebagai tempat pengumpulan tugas bagi peserta didik. Adapun faktor pendukung dari penerapan aplikasi Classdojo untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas mata pelajaran Tematik kelas III di MI Khadijah diantaranya yaitu adanya Smartphone/HP Android dan adanya aplikasi Classdojo yang memudahkan guru dan peserta didik dalam pembelajaran daring. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: sinyal dan tidak semua peserta didik mempunyai Smartphone/Laptop, terkadang harus bergantian dengan adik atau kakaknya.
Kata Kunci : Aplikasi Classdojo, Pembelajaran Berbasis Online, Kedisiplinan, Tugas.