Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MA Mu’allimat Malang
Abstract
Dalam suatu pembelajaran banyak sekali macam pelajaran salah satunya pembelajaran Akidah Akhlak yang mana dalam pelajaran ini dapat membantu untuk pembentukan karakter religius pada peserta didik. Dalam pembentukan karakter sangat dibutuhkan sekali untuk menanamkan pemahaman pada peserta didik, sebab setiap apapun perilaku yang dilakukan harus ada pertanggung jawaban untuk semua manusia.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MA Mu’allimat Malang. 2. Untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MA Mu’allimat Malang. 3. Untuk mendeskripsikanfaktor pendukung dan penghambat dari mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MA Mu’allimat Malang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Dengan prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data disini meliputi tiga tahap yaitu: kondensasi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan serta verifikasi. Data yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan keabsahan data disinidilakukan dengan dua langkah yaitu: uji kredibilitas dan pengujian konfirmability.
Kesimpulan yang di dapat dalam penelitian ini, yaitu:1. Pada saat pembelajaran akidah akhlak guru selalu bersikap baikserta memberikan contoh cerminan karakter religius, menerapkan metode pembiasaan kepada peserta didik, yang mana dengan adanya pembiasaan ini bisa melatih kedisiplinan pada apeserta didik. 2. Langkah-langkah yang dilakukan untuk guru yaitu dengan adanya kegiatan sholat dhuha dan mengaji yang dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. 3. faktor pendukung dalam mengimplementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik MA Mu’allimat yaitu adanya komitmen dari kepala madrasah, dukungan dan usaha dari guru-guru dan lingkungan madrasah yang mendukung terutama orang tua, serta adanya kerjasama antara madrasah dengan pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari orang tua yang kurang mendukung serta dari pihak peserta didik sendiri.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Religius