Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Moral Peserta Didik dI MTs Muallimin NU Malang
Abstract
Pendidikan agama Islam adalah sebuah bentuk usaha mauapun upaya didalam langkah mewujudkan peserta didik agar mengenal, memahami, mengimani, bertaqwa, berakhlak mulia, yang dapat mengamalkan ajaran agama islam dari sumber kitab utamanya yaitu Al-Qur'an dan Al-Hadis, jadi, pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah proses interaktif antara pendidik dan peserta didik didalam usaha memperoleh pengetahuan yang dibahas dan digali secara langsung dari kitab Al-Qur'an dan Al-Hadis guna dapat beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan mampu mempengaruhi dari nilai moral sebagaimana yang diajarkan didalam agama Islam.
Problematika seputar pendidikan agama Islam di sekolah memunculkan banyak pendapat dan wacana tentang apa dan bagaimana seharusnya pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan. persoalan selama ini adalah pendidikan agama Islam disekolah hanya diajarkan sebagai sebuah pengetahuan tanpa adanya pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga fungsi pendidikan agama Islam sebagai salah satu pembentukan akhlak mulia bagi peserta didik tidak tercapai dengan baik. berdasarkan apa yang sudah dipaparkan, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan menuangkannya dalam sebuah skripsi dengan judul: “Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membangun moral peserta didik di MTS Muallimin NU Malang”
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam membangun moral peserta didik di Mts Muallimin NU Malang? (2) Apa strategi pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam membangun moral peserta didik di Mts Muallimin NU Malang? (3) Bagaimana hasil implementasi pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam membangun moral peserta didik di Mts NU Malang?
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Pendidikan agama Islam di Mts Muallimin NU Malang. (2) Mengetahui langkah-langkah pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam membangun moral peserta didik di Mts Muallimin NU Malang. (3) Mendeskripsikan hasil implementasi pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam membangun moral peserta didik di Mts Muallimin NU Malang.
Pendekatan penelitianya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Data collection/pengumpulan data, Display/penyajian data, dan Verifikasi/kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang implementasi Pembelajaran Pendidikan agama lslam dalam membangun moral peserta didik di MTs Muallimin NU Malang sebagai berikut : (1) Implementasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam Membangun Moral Peserta Didik sudah sangat baik, terbukti dari cara guru menyampaikan, mencontohkan dan membiasakan nilai-nilai agama Islam(2) Strategi Implementasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam Membangun Moral Peserta Didik cukup baik yaitu dengan cara Pengajaran Pendidikan agama Islam, Penerapan kedisiplinan dan Pendekatan guru dan murid. (3) Hasil Implementasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam Memebangun Moral Peserta Didik di MTs Muallimin NU Malang adalah patuh terhadap peraturan, menghasilkan peserta didik yang berprestasi, dapat bermanfaat dimasyarakat.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Moral