Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Malang
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai andil yang besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswanya, guru memiliki posisi yang strategis sebagai pelaku utama. Sikap dan perilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa, sehingga ucapan karakter dan kepribadian guru menjadi cermin siswa. guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya dan bermoral. Masih banyak peserta didik yang belum bisa mengaplikasikan nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah maupun di rumah. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk memilih judul tentang peran guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, model yang di gunakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Malang.
Penelitian in merupakan penilitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Field Reasearch yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke ‘lapangan’ untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data adalah wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification).
Hasil yang diperoleh dari peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menenamkan nilai-nilai karakter, dalam perencanaan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Malang hal-hal yang direncanakan yaitu sekolah merancang kurikulum dengan mengkolaborasikan antara kurikulum Kementrian Agama, Kementrian Pendidikan Nasional, dan kurikulum khas/lokal Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Malang. Guru membuat perangkat pembelajaran seperti prota, promes, silabus, RPP, dan materi yang akan diajarkan, dalam pelaksanaannya menggunakan keteladanaan dan pembiasaan. Dan model yang di gunakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Malang ini menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL), model kooperatif, dan model langsung/ceramah.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Menanamkan Nilai-Nilai Karakter